Kamis, 01 September 2016

AVIDEMUX: software untuk memotong video dengan cepat (tanpa re-encoding)

Momen yang paling menyebalkan ketika mengedit video adalah ketika menunggu proses enkoding. Apalagi durasi video yang sedang diedit cukup panjang, maka proses encoding pun akan memakan waktu sampe puluhan menit bahkan berjam-jam. Salah satu software yang menjadi andalan penulis untuk mengedit video, terutama untuk memotong-motong video adalah software bernama Avidemux. Software ini dapat memotong file video tanpa melakukan proses re-encoding, sehingga akan mempercepat proses editing video.


DOWNLOAD:
OS Windows:
- Avidemux 32 bit: avidemux_2.6.13_win32.exe
- Avidemux 64 bit: avidemux_2.6.13_win64.exe
- Versi Portable (32 bit): AvidemuxPortable_2.6.13.paf.exe
- Versi Portable (64 bit): Avidemux64Portable_2.6.13_64_bit.paf.exe
- Windows XP 32 bit: AvidemuxPortable_2.6.8_v2_rev_1_for_WinXP.paf.exe
- Windows XP 64 bit: Avidemux64Portable_2.6.8_v2_rev_1_for_WinXP_64-bit.paf.exe

OS Lainnya: LinuxMac OS X

Selain Avidemux, kita dapat menggunakan software bernama MP4Tools untuk memotong video dengan cepat (tanpa reencoding). Sayangnya penulis belum pernah mencoba software yang satu ini. Namun sepertinya penulis tertarik dengan software ini karena selain dapat digunakan untuk memotong video, software tersebut dapat digunakan untuk menggabungkan beberapa video menjadi satu video. Sementara ini penulis baru mencoba mendownload software MP4Tools munkin nanti jika ada waktu penulis akan mencobanya.

DOWNLOAD:
MP4Tools: MP4Tools-3.4-win32.exe

Ngomong-ngomong tentang potong-memotong file video, penulis jadi teringat dulu ada software legendaris yang bernama VCD Cutter. Sesuai namanya software ini dilahirkan ketika era VCD masih berjaya, saat itu DVD masih barang mewah dan MP4 masih belum populer. Ternyata (masih) ada website nya juga loh: www.vcd-cutter.com



SUMBER:
- avidemux.org
- sourceforge.net
- www.fosshub.com
- www.thumbapps.org
www.vcd-cutter.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar