Minggu, 13 Desember 2015

Mencari Game Untuk Laptop dengan spek pas-pasan yang Menggunakan Setik / Gamepad (Tanpa Keyboard / Rusak) PART1

Beberapa hari yang lalu penulis diminta untuk memasang game untuk sebuah laptop. Sayangnya laptop/notebook tersebut speknya kurang memadai untuk memainkan game modern sehingga penulis merasa kebingungan. Mau dikasih copy GTA IV pasti gak jalan, mau dikasih GTA San Andreas ya ini mah game pasaran semua orang pun sudah tahu. Pemilik laptop inginnya game perang atau petualangan, akhirnya penulis tawarkan game Counter-Strike atau Call of Duty karena game tersebut cukup ringan ternyata laptop tersebut keyboard nya rusak & gak bisa dipake masalahnya game perang-perangan di PC kan hampir rata-rata pake keyboard & mouse semua. Akhirnya penulis mengkopikan game Lego Batman. Eh sehabis itu yang punya laptop malah gak mau karena alasannya game-game Lego itu mainan bocah, wtf. Penulis kesal, di dalam hati penulis bilang "eh ini orang PC/laptop nya pas-pasan tp pengen game yang bagus/seru". Penulis agak pusing karena tidak tahu & jarang memainkan game di PC yang speknya pas-pasan.

Akhirnya penulis googling dah untuk menambah wawasan penulis tentang game-game dengan ramah dengan requirement hardware. Yang ada dipikiran penulis dalam mencari game-game ini:
  1. Palingan game-game yang udah lawas yang dirilis di era tahun 2010 kebelakang
  2. Game-game yang dirilis sebelum era DirectX 10 alias game yang berbasis DirectX 9 kebelakang atau mungkin game DirectX 8, DirectX 7, DirectX 6, dst LOL, berarti game-game sebelum Windows 7 dan Windows Vista dirilis atau game-game generasi Windows XP
  3. Windows 7 dirilis tahun 2009
  4. Windows Vista dirilis pada 2007
  5. Windows XP dirilis pada tahun 2001
  6. Berarti kira-kira game-game sekitar tahun 2001-2009
  7. atau game-game era Playstation 1 & Playstation 2 era atau game-game era awal dirilis Playstation 3.
  8. PS3 dirilis 2007
  9. PS2 dirilis 2000
  10. PS1 dirilis 1995 berarti era Windows 95 lol, hehehe
  11. berarti tebakan penulis bener, game-game ringan untuk laptop mungkin adalah game yang sudah lawas yang dirilis sekitar tahun 2000-2010

Berikut ini adalah game-game yang cukup ringan yang dapat dimainkan di laptop dengan spek pas-pasan yang Menggunakan Setik / Gamepad (Tanpa Keyboard / Rusak):

1. Grand Theft Auto: San Andreas (GTA San Andreas / GTASA)


  - Tahun Rilis : 2005 (PC) / 2004 (PS2)
  - Support Gamepad : Ya
  - Support x360ce : ???
  - Beli di Steam : Rp 115.999
  - Harga Diskon Paling Rendah : Rp 23.199

    ini adalah game sejuta umat. Kayaknya gak ada gamer yang gak tau tentang game ini deh. Game ini bisa dimanikan dengan gamepad. Sayangnya versi PC game ini jika melakukan setting tombol-tombol agar sama dengan tombol-tombol di versi PS2 kayaknya mustahil, karena ada beberapa tombol seperti tombol arah atau d-pad atau tombol hat yang tidak bisa di gunakan untuk melakukan aksi tertentu seperti memerintahkan anggota gang, menjawab ya/tidak, dsb dengan tombol arah.

Kelemahan Game ini:
  • Resolusi: tidak bisa memakai beberapa resolusi Widescreen / HD, ini agak kurang mengenakan terurama bagi gamer yang menggunakan monitor LCD/LED widescreen karena pada game GTA San Andreas ini, kita tidak bisa memakai beberapa resolusi widescreen seperti: 1280x720, 1366x768, 1360x768 
  • Setting Gamepad : Mustahil bikin setting gamepad agar tombol-tombolnya sama dengan tombol-tombol di versi PS2
Solusi: untuk masalah resolusi silakan dowload GTA SA Widescreen Fix


2. Grand Theft Auto: Vice City (GTA Vice City / GTAVC)


  - Tahun Rilis : 2003 (PC) / 2002 (PS2)
  - Support Gamepad :Ya (mungkin)
  - Support x360ce : ???
  - Beli di Steam : Rp 89.999
  - Harga Diskon Paling Rendah : Rp 17.999

    Jika sudah namatin GTA San Andreas, cobalah GTA yang lebih jadul ini. Kotanya sih lebih kecil dari GTA San Andreas. Sayang game GTA ini bermasalah juga pada resolusi untuk monitor widescreen.

Solusi: untuk masalah resolusi silakan dowload GTA VC Widescreen Fix


3. Gran Theft Auto III (GTA III / GTA 3)
 

  - Tahun Rilis : 2002 (PC) / 2001 (PS2)
  - Support Gamepad :Ya (mungkin)
  - Support x360ce : ???
  - Beli di Steam : Rp 89.999
  - Harga Diskon Paling Rendah : Rp 17.999

    Selain GTA: Vice City alternatif lainnya adalah GTA III yang lebih tua, pada game ini kotanya adalah Liberty City mungkin Liberty City adalah Kota New York kalo di dunia nyata. Game ini mirip dengan GTA: Vice City hanya saja minus kendaraan roda dua (sepeda motor).

Kelebihan game ini adalah size-nya sangat kecil, kurang dari 1 GB yaitu sekitar 700 MB-an. Cocok sekali bagi gamer yang punya hardware sangat amat terbatas terutama space hardisk.

Sama seperti GTASA & GTAVC, GTA III bermasalah juga pada resolusi untuk monitor widescreen.
Solusi: untuk masalah resolusi silakan dowload GTA III Widescreen Fix

4. Devil May Cry® 3 Special Edition



  - Tahun Rilis : 2006
  - Support Gamepad : Ya (direct input)
  - Support x360ce : tidak
  - Beli di Steam : Rp 265.400
  - Harga Diskon Paling RendahRp 55.406

    Game pukul musuh sepuasnya sambil bergaya cool atau dalam bahasa kerennya genre Hack and Slash. Gameplaynya hampir mirip dengan God of War. Cutscene nya keren, banyak adegan aksi sinematik dan story-nya bagus ala-ala anime jepang.
Kelemahan Game ini:
  • Kontrol: Belum support standar xinput atau gamepad xbox 360 compatible, ini karena game ini dirilis pada saat era Playstation 2 atau era sebelum XBOX 360 dirilis. Walaupun XBOX 360 dirilis pada tahun 2005, namun saat itu gamepad xinput belum menjadi standar di Windows XP. Baru setelah Windows Vista dirilis pada 2007 barulah gamepad standar xinput menjadi standar baru mendampingi standar direct input yang sudah lama menjadi standar di OS berbasis Windows.
  • Resolusi: Sayangnya, sama seperti beberapa game GTA diatas, game ini tidak mensupport resolusi widescreen. Ini karena waktu game ini dirilis masih belum zaman-nya monitor LCD/LED Widescreen.
Solusi:
  • ResolusiDMC3 Widescreen Fix 
  • Kontrol: buat yang kesulitan men-setting gamepad dengan converter setik PS2 silakan buka halaman berikut
Setting gamepad Devil May Cry 3 Special Edition PC menggunakan converter gamepad PS2

5. Devil May Cry 4



  - Tahun Rilis : 2008
  - Support Gamepad : Ya
  - Support x360ce : Ya
  - Beli di Steam : Rp 265.400
  - Harga Diskon Paling Rendah: ?

    Jika memiliki Laptop/Netbook atau PC dengan kemampuan grafis lebih baik kita dapat mencoba Devil May Cry 4. Apabila VGA laptop/PC lumayan bagus kita dapat menikmati peningkatan kualitas grafis lebih bagus lagi di game ini. Kelebihan lainnya dari game ini adalah sudah men-support setik atau gamepad standar xbox 360 maupun program emulasi x360ce.



Ternyata Tidak Perlu Pergi Ke Bulan atau Luar Angkasa untuk Merasakan Mengambang Tanpa Gravitasi
Gravitasi atau gaya tarik bumi menyebabkan manusia dan semua benda di permukaan bumi cenderung menempel atau menginjak ke permukaan ...

Pemotretan Model Bikini di Ruang Pesawat Tanpa Gravitasi
Majalah Sport Illustrated
ketagihan menggunakan model Kate Upton sebagai model sampulnya.
Tahun lalu Kate diboyong ke kutub utara untuk pemotretan majalah. Kini dia ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar