Selasa, 14 Juni 2016

Komponen PC yang Sering Rusak dan yang Jarang Rusak

Jalan-jalan ke salah-satu website favorit obengplus.com. Penulis menemukan satu artikel yang sempat penulis pikirkan namun belum sempat penulis tulis di blog ini. Terinspirasi dari artikel Komponen PC yang rusak tapi dapat dihindari pada blog tersebut, penulis mencoba mengkomentari dan melengkapi beberapa hal yang terlewat pada tulisan tersebut

Komponen PC yang Sering Rusak:
1. Mobo alias Motherboard atau Mainboard
    Penulis setuju banget, sama dengan artikel tersebut, sepengalaman penulis, Motherboard paling sering bermasalah. Bahkan penulis pernah mengalami 3-4 kali mengganti motherboard yang pada CPU yang sama. Sehingga penulis kapok membeli Motherboard merek abal-abal. Namanya juga motherboard murah, sudah sepantasnya kualitasnya murahan. Namun tidak menutup kemungkinan barang mahal tapi kualitasnya murahan, ini lah yang bikin bete.

Idealnya motherboard harus bertahan 5 tahun tapi rata-rata cuma bertahan 3-4 tahun. Jika motherboard sudah rusak sebelum 3 tahun itu artinya kualitasnya dipertanyakan. Dan penulis akan menghindari lagi untuk membeli merek yang sama. Kerusakan mainboard biasanya bisa diperbaiki di tukang servis elektronik, namun kebanyakan pengguna malas untuk membawa ke tukang servis untuk diperbaiki dan lebih memilih membeli MoBo baru. Kadang ada mindset bahwa memperbaiki ke tukang servis harganya hampir mendekati harga mobo baru, padahal tidak selalu demikian.

Salah satu motherboard murah yang akan selalu penulis hindari adalah merek J**WAY. Walaupun PC masih bisa-nyala namun sepertinya Port USB tidak berjalan dengan normal. Kadang ada beberapa device yang tidak bisa terkoneksi atau terdeteksi. Yang paling menjengkelkan adalah mouse dan keyboard USB tidak berjalan normal, kadang terkoneksi tapi kadang malah sering diskoneksi. Beruntung masih bisa pakai Mouse & Keyboard PS2, sayangnya keyboard dan mouse PS2 ini sekarang sudah jarang beredar di pasaran.
 
2. Hardisk
    Konon hardisk dibawah 1 TB atau dibawah 500 GB daya tahannya lebih buruk. Entah ini benar atau tidak. Namun sepengalaman penulis ketika membeli hardisk 160 GB usianya tidak sampai 3 tahun, bahkan mungkin tidak sampai 2 tahun. Berbeda ketika penulis membeli hardisk dengan kapasitas 640 GB yang pernah bertahan sampai 7 tahunan.

3. RAM merek abal-abal
    RAM biasanya cukup awet, tahan lama dan jarang rusak namun ada pengalaman penulis ketika mencoba membeli RAM murah merek abal-abal P**R**T. Baru beli 8 GB sekitar 1 tahunan sudah bluescreen. Kapok dah, mending beli merek terpercaya aja deh macam Kingston, Visipro, Samsung, atau Corsair.

4. Mouse
    Benda yang sering dipegang, dipijit dan mungkin dibanting ini tidak heran kalo dinobatkan sebagai periferal PC yang paling sering rusak. Jika digunakan untuk bermain game yang intensif, mouse seharga kurang dari 100 ribuan cuma bisa bertahan kurang dari 1 tahun bahkan cuma 6 bulan saja.

5. Keyboard
    Umumnya keyboard lebih awet daripada mouse. Keyboard jelek kadang setelah beberapa bulan ada beberapa tombolnya yang tidak berfungsi. Selain itu merek keyboard abal-abal biasanya tulisan huruf alfabetnya cepat luntur. Untuk pengguna PC yang intensif seperti gamer, disarankan membeli keyboard dengan backlight lampu LED yang menyinari setiap hurufnya. Selain lebih indah keyboard dengan lampu LED ini tidak akan luntur, namun biasanya harganya lebih mahal daripada keyboard tanpa backlight LED.

6. Gamepad / Joystik
    Sama seperti mouse dan keyboard, benda yang satu ini paling sering rusak, apalagi kalo main game fighting seperti Street Fighter dan semacamnya. Gamepad merek abal-abal paling sering rusak. Jika memiliki dana terbatas, pilihlah gamepad Playstation 2 + converter USB. Karena gamepad abal-abal PC rata-rata kualitasnya dibawah gamepad Playstation pada harga yang sama. Jika memiliki uang lebih, gamepad original XBOX 360 sangat direkomendasikan untuk digunakan di PC, namun jangan tertipu dengan gamepad XBOX kw alias palsu yang kualitasnya malah lebih buruk dari gamepad Playstation 2. Dibawah gamepad XBOX Original, ada gamepad Playstation 2 Original yang harganya lebih terjangkau.

7. VGA Card
    VGA Card biasanya awet, namun beberapa tahun kebelakangan penulis sering menemukan VGA yang rusak. Pengalaman penulis salah satunya adalah HD 7750 OC Edition yang cuma berumur kurang lebih 2 tahunan lalu HD 5670 yang berumur seitar 3-4 tahunan. Sayangnya keduanya adalah merek S**P**RE yang selama beberapa tahun menjadi merek kepercayaan penulis. Mungkin saatnya penulis mencari brand lain. Walau demikian penulis bangga karena VGA HD 4670 yang penulis beli pada tahun 2008-2010an masih bisa digunakan hingga saat ini. Kali ini penulis mencoba mempercayai merek baru ASUS dan HIS ketika memilih VGA AMD R7 240.

8. DVD-RW Drive
    Sudah 2x penulis kecewa ketika memilih komponen yang satu ini, pertama adalah DVD-RW merek S*****G lalu merek AS*S alasanya kemampuan bacanya yang buruk dan terus memburuk seiring bertambah usianya. Di kantor tempat penulis bekerja DVD-RW merek PIONEER memiliki kemampuan baca yang bagus dan tahan lama, sayang penulis tidak berjodoh dengan merek yang satu ini, padahal penulis sudah sering mencarinya di toko-toko komputer namun selalu tidak ada stok. Akhirnya sekarang lebih memilih hidup tanpa DVD-RW


Komponen PC yang Jarang Rusak:
1. CPU/Prosessor
    Pengalaman penulis ketika membeli CPU intel Pentium 4 yang masih berjalan sampai belasan tahun yang sudah berganti mother board beberapa kali. Prosesornya masih bekerja normal, kecuali performa kecepatan, efisiensinya yang sudah kalah jauh dari prosessor modern, membuat prosessor ini di pensiunkan. Daya tahan prosessor sungguh luar biasa, maklum komponen yang ini memang dirancang untuk dibakar, dipanaskan, dan disiksa.

2. LCD/Monitor
    Sepengalaman penulis jarang melihat monitor LCD/LED yang rusak. Kekuatan monitor modern mungkin bisa bertahan sampai belasan tahun.

3. RAM
    Asal bukan merek abal-abal, biasanya RAM bisa bertahan lebih dari 5 tahun. Tak heran banyak supplier RAM yang memberikan garansi Lifetime, karena jarang sekali benda yang satu ini rusak.

4. Power Supply
    Hanya beberapa kali penulis mengalami kerusakan pada benda yang satu ini. Baik merek mahal maupun PSU abal-abal. Rata-rata PSU memang tahan lama, kecuali PSU tersebut digunakan pada PC dengan pertforma tinggi seperti menggunakan CPU atau VGA High End yang membutuhkan power besar.

5. Modem/Router
    Petir menjadi momok menakutkan yang biasanya mengancam umur modem. Selain itu jarang sekali Router/Modem mengalami kerusakan walaupun benda tersebut selalu bekerja 24 jam nonstop.

6. Switch HUB
7. Speaker
8. USB Flashdisk
9. Scanner
10. Printer

1 komentar:

  1. Jika ada situs yang terbaik kenapa pilih yang lain? mari bergabung bersama kami di intanqq ^^

    7 game dalam 1 ID
    Game yang di sediakan oleh intanqq:
    * Sakong (New Game)
    * Bandar Poker (New Game)
    * BandarQ (Hot Game)
    * Poker
    * Domino
    * Capsa Online
    * AduQ

    Kelebihan:
    * Minimal Depo dan WD Rp 15.000
    * Proses dana cepat
    * Bonus cashback harian 0,3%
    * Bonus extra cashback
    * Bonus referal 10% + 10%
    * No robot

    Kami tunggu kehadirannya ^^

    Pin BBM: 2AD20246

    BalasHapus