Kamis, 19 November 2015

Download MP3 Quran Full untuk Mempermudah Hafalan

Suatu hari ada kerabat penulis meminta diisikan aplikasi Al-Quran untuk membantunya menghafal Al-Quran dengan smartphone-nya. Kemudian penulis membackup APPS dari smartphone penulis dan mengirimkannya lewat bluetooth ke smartphone nya, sayangnya beberapa APK Aplikasi Al-Quran yang penulis kirimkan lewat bluetooth tersebut tidak dapat ter-install di smartphone nya. Karena penasaran penulis mencoba menghubungkannya lewat jaringan WiFi dan mencoba untuk mengunduh apps langsung dari Google Play Store. Sayangnya ketika membuka Android Market aka Google Play Store tersebut penulis tidak bisa login/masuk menggunakan akun penulis, sedangkan pemilik smartphone tersebut pun belum memiliki akun Google.

Dari pengamatan penulis sih mungkin karena smartphone kerabat penulis tersebut sudah terlalu tua dan tidak compatible dengan software/apps keluaran terbaru dan sudah discontinue dan sudah tidak disupport lagi oleh produsennya, maklum masih smartphone Sony Ericsson, hehehe.

Ya sudalah akhirnya penulis memutuskan untuk memasukan audio Al-Quran nya saja yang berupa MP3. Penulis mendownload MP3 Quran Full dari situs everyayah.com karena pada situs tersebut file-file MP3 terpecah menjadi ayat per ayat sehingga akan lebih memudahkan jika ingin mulai mendengarkan dari ayat-ayat surat tertentu. Selain itu penulis memilih file-audio dengan bitrate yang rendah yaitu 16 kbps agar ukuran / file size dari file-audio Al-Quran tersebut kecil, takutnya kalo bitratenya terlalu besar entar cepat menghabiskan space memory/storage smartphone nya.

tiga digit pertama adalah nomor urut surat dan tiga digit terakhir adalah nomor ayat

Namun sayang file-file audio Al-Quran tersebut hanya memiliki nama berupa nomor surat dan nomor ayat. Tentu saja ini menyulitkan bagi orang awam yang masih belum hafal Nama Surat dan Nomor Surat keberapa, ketika akan mencoba membuka ayat atau surat tertentu?

Ini memotivasi penulis untuk melakukan rename file-file tersebut agar lebih mudah ketika melakukan pencarian ayat-per-ayat atau surat-per-surat tertentu. Namun 6 ribu ayat untuk direname, bukan pekerjaan yang mudah. OK, tapi penulis akan Coba deh, mudah-mudahan tamat, amin!

Menurut penulis idealnya seperti ini,
agar memudahkan pencarian ayat/surat tertentu
sejauh ini baru 16 surat dari 6 ribu surat lebih wow

BTW kalo ada sahabat yang ingin memberikan tips/kemudahan kepada penulis untuk melakukan rename dengan cepat entah menggunakan software atau mungkin download link mp3 Al-Quran yang sudah dikasih nama surat mohon, isi di bagian komentar ya! Terimakasih Wasalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar