Jumat, 18 Desember 2015

Mencari Game Untuk Laptop dengan spek pas-pasan yang Menggunakan Setik / Gamepad (Tanpa Keyboard / Rusak) PART2

<< PART 1

6. SAMURAI WARRIORS 4-II



  - Tahun Rilis : 2015
  - Support Gamepad : Ya (direct input)
  - Support x360ce : tidak
  - Beli di Steam : Rp 335.999
  - Harga Diskon Paling Rendah : Rp 235.199

    Game-game yang dikembangkan oleh  KOEI TECMO rata-rata hanya membutuhkan sistem hardware yang tidak terlalu berat. Salah satunya adalah game SAMURAI WARRIORS 4-II. Untuk game yang dirilis pada tahun 2015 system requirement-nya gak terlalu berat, game ini adalah game generasi era PS4 awal sebenernya sih game ini merupakan pengembangan atau expansion dari game Samurai Warriors 4 udah dirilis terlebih dahulu di dirilis pada tahun 2014 lalu untuk PS3PS4, dan PS Vita.
     Walaupun rata-rata game-game yang dikembangkan oleh KOEI TECMO tidak membutuhkan spek komputer yang tinggi seperty Dynasty Warrior SeriesSamurai Warrior SeriesOne Piece Pirate Warriors, dll namun dari sisi gameplay-nya hampir semuanya sama/identik & hanya sedikit sekali perubahannya. Gameplaynya sangat sederhana, hajar musuh sebanyak mungkin dengan kombo & jurus, unlock karakter yang terkunci dan kumpulkan senjata-senjata, kuda, dan equipment lainnya yang dapat meningkatkan kemampuan karakter, unlock video cinematic. Cuma gitu-gitu aja sejak era Playstation 2 sampe sekarang, lol hehehe.
     Namun ada satu fitur yang membuat penulis exciting adalah fitur Network Multiplayer. Sudah sejak lama kita bermain game-game buatan KOEI TECMO yang hanya dapat dimainkan bersama teman secara Split-Screen / OFFLINE. Kali ini bisa dimainkan di dua mesin PC berbeda bersama teman. Kali ini saya acungkan jempol untuk fitur ini.

Kelemahan Game ini: sayang sekali game ini memiliki kekurangan dari sisi kontrol, selain tidak mensuport kontrol standar xbox 360 yang sudah menyadi standar game PC sejak era console XBOX 360 dan kontroler berbasis xinput lainnya game ini hanya menggunakan kontrol direct input yang parahnya tidak memungkinkan kita merubah seting kontrol analog. Banyak gamer yang kecewa karena kontrol analog kanan untuk mengarahkan kamera menjadi terbalik antara sumbu X dan sumbu Y, kasus ini ditemui pada gamer yang menggunakan setik/gamepad PS2 dengan converter direct input, sedangkan gamer yang lain yang menggunakan gamepad berbasix xinput (xbox360) mereka merasa kecewa karena kontrol kamera malah dipaksa menggunakan tombol RT/LT atau R2/L2. Selain itu game SAMURAI WARRIORS 4-II ini termasuk game yang cukup mahal apalagi untuk gamers yang hanya mampu membeli PC/Laptop dengan spek pas-pasan. Harga game ini di Steam Store cukup mahal yakni Rp 335.999 untuk game yang masih bermasalah di sisi kontrol. Sedangkan babarapa waktu yang lalu ketika steam mengadakan sale game ini hanya mendapatkan diskon sedikit menjadi Rp 235.199 masih cukup mahal apalagi untuk gamers yang hanya mampu membeli PC/Laptop dengan spek pas-pasan. Selain itu game ini butuh paling tidak 11 GB space hardisk.

Saran penulis: Jika kawan-kawan suka dengan game bergenre pukul musuh sepuasnya seperti game SAMURAI WARRIORS 4-II dan punya uang lebih. Tolong belilah game ini, lalu marah-marah, komplain sepuasnya kepada developer game ini (TECMO KOEI) di Forum Steam Community. Itu adalah hak kita sebagai gamer yang membeli game original. Mudah-mudahan developer tersebut mendengar kritik kita, dan membuat game mereka lebih bagus lagi di kemudian hari. Untuk yang masih main bajakan, ya syukuri saja lah gak usah protes.


Top 10 Games Murah Rp 10.000 - Rp 20.000 (Steam Winter Sale)
1. METAL SLUG & 
METAL SLUG X & METAL SLUG 3
2. The Witcher: Enhanced Edition Director's Cut 3. Just Cause 2 4. PAYDAY™ The Heist ...

Trik Cara Membuka Halaman Game-Game Steam yang Region Block (Region Lock)
"Oops, sorry! An error was
encountered while processing your request: This item is currently unavailable in your region" Jujur saja kata-kata diatas adalah kata-kata yang paling menyebalkan ...

7. DYNASTY WARRIORS 8: Xtreme Legends Complete Edition



  - Tahun Rilis : 2014
  - Support Gamepad : Ya (direct input)
  - Support x360ce : tidak
  - Beli di Steam : Rp 335.999
  - Harga Diskon Paling Rendah : Rp 114.239

    Sama seperti Samurai Warriors, game ini dikembangkan oleh KOEI TECMO gameplaynya pun hampir sama. Perbedaannya adalah jika Samurai Warrior smengangkat kisah para ksatria jepang, sedangkan Dynasty Warriors ini mengangkat kisah para pendekar kerajaan negeri China dulu. 

Kelebihan game ini dibanding game SAMURAI WARRIORS 4-II adalah setting gamepadnya bisa di custom sesuka hati walau masih menggunakan standar direct input, tidak seperti SAMURAI WARRIORS 4-II yang bermasalah dengan beberapa gamepad tertentu, karena tidak bisa melakukan remap pada kontrol kamera yang sudah di fix alias dikunci oleh developernya.

Kelemahan game ini sama seperti game SAMURAI WARRIORS 4-II yang belum mensupport gamepad standar xinput seperti gamepad xbox 360 controller for windows. Selain harganya cukup mahal dan gila nya membutuhkan space hardisk sebanyak 18 GB.


8. Dynasty Warriors 6



  - Tahun Rilis : 2008
  - Support Gamepad : Ya (direct input)
  - Support x360ce : tidak
  - Beli di Steam : -

    Kelebihan game ini dibanding DYNASTY WARRIORS 8 adalah lebih hemat hardisk space. Game ini hanya membutuhkan ruang kurang dari sekitar 5 GB saja. Selain itu game ini tidak bermasalah pada setik kontrol, karena semua tombol dan analog dapat di set sesuai dengan keinginan kita.

     Sayangnya sama seperti game-game KOEI yang lain game ini belum mensupport gamepad dengan standar xinput atau xbox 360 maupun software emulasi gamepad x360ce. Kekuarangan lainnya adalah game ini belum dijual secara digital/download melalui Steam seperti game DYNASTY WARRIORS 8 dan  SAMURAI WARRIORS 4-II


9. Dynasty Warriors 5


  - Tahun Rilis : 2005 (PS2) / 2006 (PC)
  - Support Gamepad : Ya (direct input)
  - Support x360ce : tidak
  - Beli di Steam : -

    Jika PC kita masih belum kuat untuk menjalakan game Dynasty Warriors 6, maka cobalah seri sebelumnya yaitu game Dynasty Warriors 5 ini. Jika masih tidak kuat berarti memang PC/Laptop kita sudah terlalu tua, lebih tua dari game ini yang sudah berumur 10 tahun.
    Kekurangan game ini: karena umurnya sudah tua, game  Dynasty Warriors 5 ini belum mensupport resolusi monitor widescreen.


10. Samurai Warriors 2


  - Tahun Rilis : 2006 (PS2) / 2008 (PC)
  - Support Gamepad : Ya (direct input)
  - Support x360ce : tidak
  - Beli di Steam : -

    Alternatif lain, buat PC/Laptop yang sudah sangat berumur selain Dynasty Warriors 5. Menurut penulis game Samurai Warrior 2 ini grafisnya sudah lebih baik dari game Dynasty Warrior 5.
    Kekurangan Game ini: sama seperti game Dynasty Warrior 5, game ini belum mensupport resolusi monitor widescreen.


11. One Piece Pirate Warriors 3



  - Tahun Rilis : 2015
  - Support Gamepad : Ya (direct input)
  - Support x360ce : tidak
  - Beli di Steam : Rp 570.000
  - Harga Diskon Paling Rendah : Rp 381.900

    Alternatif lain dari game hack and slash ala Dynasty & Samurai Warrior dari KOEI TECMO. Bedanya, game ini mengangkat adaptasi dari mangga/anime One Piece. Selain itu, grafisnya pun agak berbeda jadi lebih mirip game-game Naruto atau Dragon Ball dari publisher BANDAI NAMCO.
    Sayangnya sejak, era PS3 & XBOX360 sampai era PS4 & X1 game dari KOEI masih belum mendukung penuh gamepad xbox 360 atau standard xinput. Selain itu harganya masih mahal untuk gamer berbudget dibawah 100rb.


12. METAL SLUG 3



  - Tahun Rilis : 2000 (Arcade/Neogeo) / 2003 (PS2) / 2014 (PC)
  - Support Gamepad : Ya (direct input)
  - Support x360ce : tidak
  - Beli di Steam : Rp 69.999
  - Harga Diskon Paling Rendah : Rp 17.499

    Perlu waktu 14 tahun untuk menunggu game side scroller shooter ini di rilis secara resmi di PC. Sebelumnya gamer PC hanya bisa memainkan game ini dengan menggunakan emulator. Game ini sangat cocok untuk para pemilik laptop/notebook atau low-end PC. Selain System requirement nya yang ringan, game ini dibandrol dengan harga yang terjangkau, hanya Rp. 69.999 malahan apabila kita cerdik maka bisa mendapatkan game ini dengan harga yang lebih murah.

Kekurangan game ini: game ini tidak mendukung gamepad xinput, seperti gamepad xbox 360Logitech F310, dll. Untuk game yang dirilis pada tahun 2014 ini tentu saja mengecewakan seharusnya game-game keluaran baru sudah harus support interface gamepad terbaru. Banyak gamer yang mengeluh tidak dapat memakai tombol LT&RT untuk menembak atau melempat granat. Namun game ini tidak bermasalah untuk gamepad berbasis direct input.



13. Bionic Commando: Rearmed


  - Tahun Rilis : 2015
  - Support Gamepad : Ya
  - Support x360ce Ya (tested x360ce v3.2.8.77 2015-10-04)
  - Beli di Steam : Rp 97.605
  - Harga Diskon Paling Rendah : Rp 23.074

     Game side scrolling seperti Metal Slug. Uniknya karakter kita tidak bisa melompat. Ketika mencoba game ini penulis merasa kaget dan berfikir ada masalah dengan gamepad yang penulis pakai. Ternyata kita harus bergelantungan menggunakan tangan cyborg yang dimiliki karakter yang sedang kita mainkan. Game ini adalah versi remake dari game berjudul Bionic Commando yang dirilis pada tahun 1988 di consol NES (Nintendo).

14. Spider-Man: Web of Shadows


  - Tahun Rilis : 2008
  - Support Gamepad :Ya (xinput)
  - Support x360ce : Ya (tested x360ce v3.2.8.77 2015-10-04)
  - Beli di Steam : -

     Mungkin ini game GTA versi superhero spiderman, hehehe. Game Spiderman ini adalah game era PS3. Sejak game Spiderman di PS1 rata-rata game Spiderman hampir mirip gameplaynya: jalan, lari, lompat, bergelantungan, memanjat, pukul, tendang, lempar, tembak, di kota bedanya cuman grafik dan beberapa extra fitur. Di game ini kita spiderman bisa berubah ubah sesuai keinginan kita menjadi spiderman biru-merah atau spiderman hitam, masing-masing memiliki jurus-jurus berbeda yang dapat kita tingkatkan dengan mengumpulkan point exp. Sayangnya game ini tidak dijual di steam.


15. The Incredible Hulk



  - Tahun Rilis : 2008
  - Support Gamepad :Ya (xinput)
  - Support x360ce : Ya (tested x360ce v3.2.8.77 2015-10-04)
  - Beli di Steam : -

    Sama seperti game Spider-Man: Web of Shadows, sama-sama game era PS3, cuman bedanya ini superheronya adalah si Hulk. Sayangnya sama-sama gak dijual di Steam Store.


16. Bully: Scholarship Edition



  - Tahun Rilis : 2008
  - Support Gamepad : Ya
  - Support x360ce : Ya (tested x360ce v2.0.2.156 Beta 2)
  - Beli di Steam : Rp 115.999
  - Harga Diskon Paling Rendah : Rp 23.199

    Salah satu game yang menjadi masterpiece dari Rockstar, developer yang juga mengembangkan seri GTA. Gameplaynya mirip GTA, sama-sama openworld, dengan dunia/kota yang lebih kecil dari GTA. Game ini mengisahkan seorang anak nakal yang ditolak disekolah manapun sehingga ibu dan ayah tirinya menyekolahkannya di Bulworth Academy, sekolah asrama yang berisi anak-anak nakal & bermasalah, CMIIW.

    Kelebihan game ini adalah cukup ringan system requirement-nya, konon PC dengan CPU Pentium 4 dan RAM 1 GB pun masih bisa ngangkat. Sudah mendukung gamepad xbox 360, dan gamepad standar xinput juga software emulasi gamepad x360ce. Begitu pula game ini cuma menghabisakan space hardisk sebanyak 5 GB kurang. Dan Harganya juga sudah cukup murah kok, cuma 100rb-an, kalo lagi diskon malah bisa dapet 20rb rupiah. Kekurangan game ini cuman satu: gak ada fitur multiplayer.


17. STAR WARS™ Battlefront™ II



  - Tahun Rilis : 2005
  - Support Gamepad : Ya (direct input)
  - Support x360ce : tidak
  - Beli di Steam : Rp 89.999
  - Harga Diskon Paling Rendah : Rp 26.999

    Jika suka game perang-perangan, tembak tembakan maka game yang satu ini bisa dipertimbangkan. Kelebihan game ini kita bisa mengubah sudut pandang kamera antara first person ataupun third person. Selain tembak-tembakan kita bisa bermain sebagai ksatria jedi yang bertempur dengan gaya melee dengan menggunakan pedang lalu, fitur lainnya kita dapat menaiki kendaraan seperti tank, robot, dan pesawat terbang. Sayangnya game ini belum mendukung gamepad xinput.


Ternyata Tidak Perlu Pergi Ke Bulan atau Luar Angkasa untuk Merasakan Mengambang Tanpa Gravitasi
Gravitasi atau gaya tarik bumi menyebabkan manusia dan semua benda di permukaan bumi cenderung menempel atau menginjak ke permukaan ...

Pemotretan Model Bikini di Ruang Pesawat Tanpa Gravitasi
Majalah Sport Illustrated
ketagihan menggunakan model Kate Upton sebagai model sampulnya.
Tahun lalu Kate diboyong ke kutub utara untuk pemotretan majalah. Kini dia ...

Game-Game Lainnya
  • Resident Evil 4
  • Mirror Edge
  • Lego Games
  • Dinasty / Samurai Warrior Games
  • Need For Speed
  • Most Wanted, Underground 2, Carbon, ProStreet, Undercover, Hot Pursuit, dll
  • STAR WARS™ - The Force Unleashed™
  • Devil May Cry® 3 & Devil May Cry® 4
  • The Witcher
  • Sniper Elite
  • Just Cause
  • Hitman
  • Max Payne 2
  • Dead Space
  • Mafia II
  • Alan Wake
  • Lost Planet
  • Just Cause 2
  • Red Faction: Guerrilla
  • Terminator Salvation
  • The Godfather II
  • Resident Evil 5
  • Exteel
  • Saints Row 2
  • Mercenaries 2: World in Flames
  • Dark Sector
  • Kane & Lynch: Dead Men
  • Bionic Commando
  • The Shield
  • Gears of Wars
  • Tomb Raider
  • Metal Slug
  • Shade Wrath of Angels

Tidak ada komentar:

Posting Komentar