Sabtu, 19 Maret 2016

Alhamdulillah PC Tua Ane (Athlon X2 Kuma) Masih Diberi Umur Panjang


Sepertinya Motherboard ECS A780GM-A ini sudah tidak cocok lagi
dipasangkan dengan RAM sebelumnya (Kingston DDR2 PC2-5300)
Beberapa waktu yang lalu salah satu PC tua milik penulis mengalami masalah "tidak tampil" alias layar hitam. Sempat khawatir dan mengira motherboard rusak, karena mencari motherboard bagus untuk Komputer jadul dengan Soket AM2+ (940) dan RAM DDR2 sangat susah, jika pun ada biasanya pasti barang second atau rekondisi, yang kualitasnya tidak terjamin dan tidak ada garansi.

Mainboard ECS A780GM-A ini memiliki 4 slot/soket RAM dan memiliki IGP atau VGA Onboard Radeon HD 3200 yang pada zamanya merupakan VGA Onboard yang cukup kencang untuk menjalankan game-game 3D, seperti Left 4 Dead, Counter-Strike: Source, dan lain-lain. Tapi pada zaman sekarang seperti tahun 2016 ini sepertinya VGA Onboard Radeon HD 3200 ini sudah tidak layak untuk digunakan bahkan untuk game online sekelas Dota 2 atau bahkan Point Blank sekalipun.

Setelah diselidiki eh tenyata masalahnya adalah RAM nya. Setelah RAM nya ditukar dengan PC lain tenyata PC ini dapat berjalan kembali. Sehingga lahir lah artikel: Menyalakan PC tapi Cuma Muncul Layar Hitam di Monitor / LCD, Coba Cara ini!

Anehnya RAM ini masih berjalan di Mainboard/PC yang lain

inilah RAM pengganti yang ditukarkan, teryata SPD nya lebih kenceng

PC ini masih menggunakan prosessor AMD Athlon 7750 X2 
konon prosesor dual-core ini bisa di-unlock menjadi prosesor Quad-Core

Anehnya kadang Core Speed prosessor ini sering naik turun
antara 1.350 MHz - 2.700 MHz
apakah yang membuat PC ini kadang terasa lambat?

PC ini dipersenjatai VGA Radeon HD 4670
VGA addon terkecang tanpa power konektor tambahan (pada zamannya)
Lumayan lah PC tua ini dipake buat rental/warnet untuk mencari rezeki anak-istri, alhamdulillah ya Robb ampunilah hambaMu ini yang jarang sekali bersyukur atas nikmat-nikmat yang Kau berikan.

Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar