Selasa, 01 Maret 2016

Trik Cara Membuka Halaman Game-Game Steam yang Region Block (Region Lock)


"Oops, sorry! An error was encountered while processing your request: This item is currently unavailable in your region"
Jujur saja kata-kata diatas adalah kata-kata yang paling menyebalkan. Ya, faktanya beberapa game di portal/toko game digital masih belum tersedia di beberapa negara-negara/region tertentu. Untuk game-game berbayar seperti Street Fighter X TekkenMETAL GEAR RISING: REVENGEANCE, dan lain-lain. Para gamer di negara-negara yang masih belum "currently unavailable in your region" atau masih region lock/blok ini untungnya masih bisa meminta bantuan jasa gamer di luar negeri yang sudah dapat membeli game-game tersebut untuk kemudian diberikan sebagai "gift". Sayangnya untuk game-game FREE TO PLAY, seperti A.V.A - Alliance of Valiant ArmsSMITEPro Evolution Soccer 2016 myClub, dll sepertinya masih belum ada cara "legal" nya, walau pun ada beberapa trik untuk mengakalinya dengan cara yang curang yang berbau "ilegal".


Berikut ini beberapa trik untuk membuka halaman game-game di Steam Store yang masih Region Block atau Region Lock:

1. Dengan menggunakan VPN (Virtual Private Network)
Dengan menggunakan VPN, seolah-olah kita memiliki kartu LAN/Ethernet tambahan yang memiliki alamat IP luar negeri, atau di negara yang tidak terkena region block atau region lock sehingga kita bisa membuka situs-situs web yang sebelumnya tidak bisa diakses.
Kekurangan dari trik ini adalah biasanya kita harus mengunduh dan meng-install sofware/program VPN di PC kita. Kekurangan lainnya adalah biasanya dengan menggunakan VPN ini akan menyebabkan koneksi internet lebih lambat dari biasanya (tanpa menggunakan VPN). Apalagi kalo VPN yang kita gunakan adalah VPN gratisan.
Ada banyak VPN yang bisa kita gunakan dari mulai yang berbayar seperti HideMyAss, Boleh VPN, dll atau kita bisa juga mencoba VPN yang gratisan seperti yang penulis gunakan, yaitu Hotspot Shield, atau VPN-VPN gratisan lainnya.

2. Dengan menggunakan Proxy
Hampir sama dengan VPN namun bedanya kita tidak perlu mengunduh dan meng-install atau memasang software/program tambahan di PC kita. Dan biasanya dengan menggunakan Proxy ini akan mempercepat koneksi internet kita, karena server proxy biasanya sudah menyimpan cache dari situs-situs yang sering dikunjungi namun bisa juga sebaliknya akan memperlambat koneksi apablia jarak atau koneksi PC kita dan Server Proxy kurang bagus.
tinggal masukan alamat IP server proxy pada pengaturan LAN Settings
Namun sepertinya beberapa VPN pun sekarang ada yang sekaligus memakai Proxy terintegrasi untuk mempercepat koneksinya.

3. Dengan menggunakan Web Proxy
Dengan Trik yang satu ini, kita tidak perlu repot-repot mengubah-ubah setingan pada pengaturan LAN Settings. Cukup buka web proxy dari browser kita, seolah-olah kita membuka browser dari PC orang lain di browser internet kita. Ibaratnya ini semacam browser di dalam browser.
web proxy = browser di dalam browser
Contoh Web Proxy yang bisa kita pakai misalnya:

4. Dengan menambah beberapa huruf/karakter pada alamat URL halaman tersebut
ini adalah trik paling mudah jika kita ingin membuka halaman game-game steam yang masih region block (region lock). misalnya untuk game FINAL FANTASY® XIV: A Realm Reborn™ alamat URL nya adalah:
http://store.steampowered.com/app/39210/
kemudian kita tambahkan beberapa huruf/karakter berikut "?cc=us" untuk region Amerika Serikat atau "?cc=uk" untuk region Inggris di belakang URL tersebut sehingga menjadi:
http://store.steampowered.com/app/39210/?cc=us (Amerika Serikat)
http://store.steampowered.com/app/39210/?cc=uk (Inggris)
http://store.steampowered.com/app/39210/?cc=ru (Rusia)
dan sebagainya. 
SELAMAT MENCOBA !



Daftar Game-Game Steam yang Region Lock/Block (dari Region SEA/Indonesia)
Bulletstorm™, F1 2010™
FINAL FANTASY® XI: Ultimate Collection Seekers Edition, FINAL FANTASY® XIV: A Realm Reborn™, Lost Planet® 2, METAL GEAR RISING: REVENGEANCE ...

Pemotretan Model Bikini di Ruang Pesawat Tanpa Gravitasi
Majalah Sport Illustrated
ketagihan menggunakan model Kate Upton sebagai model sampulnya.
Tahun lalu Kate diboyong ke kutub utara untuk pemotretan majalah. Kini dia ...

1 komentar:

  1. mksh gan info'x sangat bermanfaat sekali..
    sukses terus buat blog'x...

    BalasHapus