Rabu, 30 Maret 2016

Menyalakan PC tapi Cuma Muncul Layar Hitam di Monitor / LCD, Coba Cara ini! (PART2)

<< PART 1 

RAM oke tapi masih blank Layar Hitam?
Mungkin Masalahnya dari VGA!
Kali ini penulis mengalami masalah PC gak tampil lagi, kali ini PC yang bermasalah adalah PC yang generasinya lebih muda. Yaitu CPU Athlon II X2 250 (3 GHz) dengan mobo Biostar A780L3C.

2009 - 2016 ternyata prosesor ini sudah berumur 7 tahun
Beberapa waktu lalu PC ini memang sempat mengalami masalah serupa, yaitu gambar tidak tampil di monitor atau monitor hanya menampilkan layar hitam saja seperti tidak menghidupkan PC sama sekali. Namun dengan trik pertama dan kedua seperti pada tulisan sebelumnya (PART1) yaitu dengan mencabut RAM dan menukarkan slot antara RAM pertama dan RAM kedua permasalahan ini berhasil teratasi. Pada PC ini terpasang 2 keping RAM VISIPRO yang masing-masing berkapasitas 2GB sehingga total menjadi 4GB.

uniknya salah satu RAM Visipro ini sepertinya adalah produk OEM dari Samsung
Ada yang unik dari RAM yang terpasang di PC ini. Ternyata walaupun kedua RAM tersebut adalah RAM dari merek yang sama yaitu VISIPRO tetapi jika diperhatikan lagi pada salah-satu RAM tersebut ada merek Samsung disamping merek Visipro. Sepertinya Visipro bekerja sama dengan Samsung dalam memproduksi RAM ini.
pada RAM Visipro yang ini tidak ada "Samsung" nya
MASIH NGE-BLANK!
Beberapa hari setelah kasus "Layar Blank Hitam Tidak Tampil" kali ini terjadi lagi. Penulis mencoba lagi trik "Cabut dan Swap RAM" namun setelah RAM terpasang kembali, PC masih tidak mau "Tampil" alias layar masih hitam. Biasanya yang penulis lakukan setelah cek RAM adalah cek VGA. Dan ternyata memang benar. Setelah VGA Card Sapphire HD 7750 OC Edition dicabut, kemudian kabel VGA di pasang pada port VGA Onboard, alhamdulillah PC tersebut kembali "NYALA"!

sejak dibeli pada sekitar tahun 2012, HD 7750 ini selalu bermasalah
kecewa dengan Sapphire
Sapphire HD 7750 1GB GDDR5 OC Edition, menarik tapi mengecewakan
Performance yang kencang tapi sangat hemat energi sehingga tidak perlu membeli PSU khusus untuk VGA. Ini yang membuat penulis dahulu tertarik membeli VGA Card ini. Namun sejak membeli VGA ini penulis tidak pernah merasakan kepuasan, karena selalu saja ada bug atau error yang muncul secara random pada game-game tertentu. Pernah berniat untuk melakukan RMA tapi penulis urungkan karena biasanya proses RMA cukup lama selain itu toko langganan penulis ketika itu berjarak cukup jauh dari rumah, dan lagipula VGA tersebut masih berjalan normal pada game-game tertentu. Akhirnya penulis menyesal tidak melakukannya dari awal. Awalnya penulis mengira error ini disebabkan driver yang masih belum sempurna dan berharap dalam beberapa bulan kedepan AMD akan merilis driver yang lebih baik untuk mengatasi permasalahan ini, tapi ternyata penulis keliru dan sepertinya hardware yang satu ini memang benar-benar bermasalah.

Akhirnya penulis dengan terpaksa untuk sementara menggunakan VGA onboard bernama AMD 760G:

AMD 760 ? Sekuat apakah VGA Onboard ini?
VGA Card Onboard ini terintegrasi pada Mainboard Biostar A780L3C yang masih menggunakan soket AM3. Untung Mainboard ini masih memiliki VGA IGP/Onboard, jadi PC ini masih bisa penulis pakai untuk sekedar browsing dan menggunakan aplikasi/software ringan-ringan.

Biostar A780LC


Bersambung ...


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar