Rabu, 24 Agustus 2016

Berlatih Possesion Football ala Barcelona di PES 2016 / PES 2017 / PES 2013 (Pro Evolution Soccer 2013-2017)

Gaya permainan possesion bola atau kadang disebut tiki-taka adalah gaya bermain sepakbola yang berfokus pada penguasaan bola. Pada PES 2012 kebelakang, gaya bermain Possesion Football ini sangat superior dan siapapun yang menguasainya akan sering memenangkan pertandingan. Namun sejak PES 2013 keatas gaya permainan Possesion Football atau penguasaan bola justru sebaliknya seringkali dapat dikalahkan oleh gaya Quick-Counter, atau serangan balik cepat.

Pada pertandingan sebenarnya penguasaan bola memang tidak terlalu penting dibandingkan hasil akhir. Walaupun terlihat hebat, gaya permainan seperti ini sebetulnya sangat sulit untuk diterapkan apalagi bagi tim yang sedang membutuhkan kemenangan dan gol. Jika lengah sedikit saja, blunder akan kerap terjadi.


Gaya permainan ini dapat dijadikan pilihan untuk diterapkan ketika tim dalam kondisi leading atau sedang unggul selisih gol namun sebaliknya sangat tidak disarankan ketika tim kita sedang trailing atau tertinggal selisih gol. Tim yang sedang unggul dapat memanfaatkan gaya penguasaan bola atau possesion football untuk mengulur waktu, menurunkan tempo, atau memancing pemain lawan keluar dari posnya agar nantinya tim lawan bisa diserang dari celah yang tinggalkan oleh pemain yang terpancing tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Gaya Possesion Football:

Kelebihan:
+ Mengulur waktu
+ Memancing lawan melakukan pressing agresif dan frontline pressing
   berharap membuka celah pada pertahanannya
+ Memancing lawan melakukan quick-counter
   dapat membuat akurasi passing-nya menurun
+ Membuat lawan frustasi
 
Kekurangan:
- Sulit mencetak gol
- Pemain bertahan kadang terlalu maju ke wilayah lawan
- Pemain bertahan rentan melakukan blunder


Berlatih Possesion Football:
Jika ingin jago bermain game sepakbola PES 2016 / PES 2017 / PES 2016 tentunya kita harus melatih kemampuan penguasaan bola. Bukan untuk mengkopi permaian tim Barcelona tetapi sebagai taktik alternatif yang sewaktu-waktu akan digunakan ketika Tim kita ingin mempertahankan keuggulan selisih gol.


Langkah pertama, bermainlah pada mode apa saja namun pada setiap pertandingan usahakanlah tim kita menang tapi juga kita harus memenangkan setiap penguasaan bola diatas 75%. Sebagai contoh, rekor penguasaan bola penulis adalah 86% - 14% pada saat Half Time dan pada saat Full Time cuma kuat 75%-25%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar