Senin, 27 April 2015

RIDE: game Gran Turismo-nya balapan motor untuk PC



Saat ini gamer PC khususnya racing gamer sedang suka-sukanya main game racing balap mobil Assetto Corsa, sambil menunggu dirilisnya game Project CARS yang sudah beberapa kali diundur penulis jadi teringat game Grand Theft Auto V yang akhirnya dirilis juga beberapa minggu yang lalu setelah beberapa kali diundur dengan alasan yang kurang lebih sama, untuk "menyempurnakan" game tersebut.


Saat ini banyak game racing keren tersedia di pasaran dari Gran Turismo, Forza Motorsport, GRID, DIRT, F1, Need for SpeedrFactor, Assetto Corsa, dan lain-lain hingga yang belum dirilis seperti Project CARS. Semuanya bertema balapan mobil. Banyak developer game yang membuat game bertema mobil-mobilan tapi sepengetahuan penulis hanya sedikit developer/publisher yang konsisten menghasilkan karya game racing bertema balapan sepeda motor yaitu, THQ/Nordic Games dengan seri game MX (Moto-Cross)-nya dan Milestone yang mewarisi game-game MotoGP sejak seri MotoGP season 2013. Itupun temanya cuman itu-itu doank, antara MotoGP & MotoCross.


Penulis bermain game bertema MotoGP sejak era GP500 yang dirilis untuk PC oleh MicroProse pada tahun 1998 silam. Ketika itu Windows XP pun belum lahir, dan OS yang menjadi primadona masih Windows 98 SE. Franchise MotoGP memang memiliki daya pikat yang luar biasa sehingga sering diangkat dalam banyak seri videogame. Sejak tahun 1998 sampai saat ini, sudah terdapat 16 judul permainan video games yang mengusung tema MotoGP
  • GP 500 (1999/MicroProse) PC
  • MotoGP (2000/Namco) PS2
  • MotoGP: Ultimate Racing Technology (2001/THQ) PC
  • MotoGP 2 (2001/Namco) PS2
  • MotoGP 2 (2003/THQ) PC/XBOX
  • MotoGP 3 (2003/Namco) PS2
  • MotoGP 3: Ultimate Racing Technology (2005/THQ) PC/XBOX
  • MotoGP 4 (2006/Namco) PS2
  • MotoGP '06 (2006/THQ) XBOX360
  • MotoGP '07 (2007/THQ) PC/XBOX360
  • MotoGP '07 (2007/Milestone-Capcom) PS2
  • MotoGP '08 (2008/Milestone-Capcom) PC/PS2/PS3/XBOX360
  • MotoGP 09/10 (2010/Capcom) PS3/XBOX360
  • MotoGP 10/11 (2011/Capcom) PS3/XBOX360
  • MotoGP 13 (2013/Milestone) PC/PS3/XBOX360
  • MotoGP 14 (2014/Milestone) PC/PS3/PS4/XBOX360



Game-game bertema MotoGP selalu mendominasi, game racing balapan sepeda motor. Selain itu memang ada seperti seri Superbike dan seri Moto-Cross. Dan salah satu game Moto-Cross yang penulis sukai adalah MTX Mototrax dari Activision.


Sayangnya seri MTX ini tidak ada sekuelnya, selanjutnya THQ lah yang menjadi penerus Activision dalam membuat game bertema Moto-Cross dengan seri-seri MX vs ATV-nya sayangnya penulis kurang suka dengan game-game MX karya THQ, mungkin  karena udah terbiasa main game buatan Activision yang lebih mudah handlingnya walaupun lebih Arcade & tidak se-realistis game-game MX karya developer lain.



Untuk game bertema WSBK (World Superbike) nampaknya tema yang satu ini masih kalah populer dibanding nama MotoGP yang lebih menjual. Terakhir kali penulis memainkan game bertema Superbike adalah SBK X lalu SBK Generations karya developer/publisher Milestone, developer yang sama yang mengembangkan game-game MotoGP 13, MotoGP 14, & MotoGP 08. Sayang setelah itu game bertema WSBK menghilang dari pasaran. Gosipnya sih katanya lisensi MotoGP sangat mahal apalagi ditambah lisensi WSBK, dan ketika kedua game tersebut dirilis keduanya memiliki fitur & gameplay yang kurang lebih sama, cuma beda tema doank. Lalu karena penjualan game MotoGP relatif lebih banyak daripada daripada WSBK akhirnya ya developer tersebut memutuskan untuk fokus mengembangkan MotoGP saja yang peminatnya lebih banyak T_T goodbye deh WSBK.


Milestone, ya masih developer yang sama. Kali ini mereka berani membuat gebrakan dengan mehadirkan kembali game balapan motor dengan konsep & tema berbeda. Maka lahirlah RIDE, game motorcycle racing yang sudah diimpikan gamer PC sejak lama. 



Bagi gamer yang sudah merasakan macam-macam game racing, pastinya tahu betul bahwa seri game Gran Turismo adalah salah satu game racing terbaik yang pernah ada. Sayangnya seri game-game Gran Turismo ini hanya dirilis di Playstation (PS1, PS2, & PS3). Ada banyak game racing yang terinspirasi dari game Gran Turismo salah satu contoh yang terbaik adalah seri game Forza untuk console XBOX. Untuk platform PC, game racing yang paling baru adalah game Assetto Corsa sayangnya game ini masih kalah dibanding Gran Turismo apabila dilihat dari jumlah koleksi mobil-mobil playable-nya. Selain itu ada game Project Cars yang tinggal beberapa hari lagi akan dirilis baik untuk PC dan console. Game ini pun terinspirasi dari Gran Turismo, yang memiliki motto The Real Driving Simulator, dimana kita dapat mengendarai berbagai macam jenis & merek mobil dari mulai mobil produksi masal yang berharga murah dan memiliki performance rendah, mobil-mobil hasil tuneup dan modifikasi sampai mobil-mobil supercar yang super mahal, mobil jadul & klasik, mobil-mobil balapan seperti Rally, Drag, Touring, Formula, dll, dan  mobil-mobil prototype.



Bagi gamer PC yang sering memainkan game-game bergenre racing simulation, di platform ini banyak game alternatif yang terinspirasi dari Gran Turismo untuk game balapan mobil. Namun Untuk game racing dengan konsep balapan motor dengan konsep dan tema serupa Gran Turismo dimana kita bisa mengendarai berbagai macam sepeda motor masih menjadi angan-angan hingga dirilisnya game RIDE,



Sepertihalnya Gran Turismo, pada game Ride ini kita dapat mengendarai berbagai jenis dan merek sepeda motor, dari motor naked bike, sampai motor-motor sport ber-fairing, seperti supersport, dan superbike, dari mulai yang bermesing 250 cc sampai sepeda motor prototype yang lebih dari 1000 cc. Developer game ini mengatakan ada sekitar 100 buah sepeda motor yang terdapat di dalam game ini.


Di game ini kita dapat memodifikasi sepeda motor kita dari yang bersifat kosmetik, seperti mengganti & mewarnai velg, kaca spion, atau melepas spakbor dll, sampai beberapa tune-up/upgrade yang berpengaruh pada performance seperti mengganti knalopt, tuneup mesin, gear, dsb.


Sayangnya koleksi motor di game ini tidak sebanyak yang penulis bayangkan. Game ini mengingatkan penulis pada game lawas yang dirilis di PS2 yaitu Tourist Throphy yang di kembangkan oleh developer yang sama dengan game Gran Turismo. Bahkan game lawas seperti Tourist Throphy memiliki koleksi motor jauh lebih banyak dari pada game RIDE. pada game ini konon terdapat 114 buah sepeda motor dari 14 pabrikan termasuk KTM, Honda, Triumph, Ducati, Aprilia, MV Augusta, Suzuki dan Yamaha. Motor-motor beraliran Motard atau sejenis SuperMoto malah tidak ada di game ini, padahal di Tourist Trophy ada, begitu pula jenis-jenis motor 2 tak masih terlalu sedikit di game ini. Selain jumlah track jalanan atau sirkuit di game ini masih kurang. Tapi oke lah, mungkin nanti kita bisa berharap ada DLC tambahan jenis-jenis motor dan track lagipula karena game ini dirilis pula untuk PC, penulis berharap nanti akan ada banyak modder yang dapat membuat mod-mod yang dapat menambal berbagai kekurangan game ini, termasuk menambah banyak jenis motor dan sirkuit, sepertihalnya game-game racing lain yang telah dirilis terlebih dahulu di platform PC.





Mencari Game Untuk Laptop dengan spek pas-pasan yang Menggunakan Setik / Gamepad (Tanpa Keyboard)
Beberapa hari yang lalu penulis diminta untuk memasang game untuk sebuah laptop. Sayangnya laptop/notebook tersebut speknya kurang ...

Ternyata Tidak Perlu Pergi Ke Bulan atau Luar Angkasa untuk Merasakan Mengambang Tanpa Gravitasi
Gravitasi atau gaya tarik bumi menyebabkan manusia dan semua benda di permukaan bumi cenderung menempel atau menginjak ke permukaan ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar