Jumat, 07 November 2014

Alhamdulillah PERSIB Juara ISL 2014

Lebih 19 tahun yg lalu, penulis masih bocah seumuran anak SD ketika PERSIB terakhir kali menjadi raja liga sepakbola Indonesia. Alhamdulillah sekarang penulis mendapat kesempatan lagi menyaksikan PERSIB menduduki singgasana tertinggi liga sepakbola di negeri ini. Sebagai pengemar sepakbola dari tanah pasundan dimana penulis dilahirkan dan tumbuh besar serta mengenal olahraga ini, seiring itu penulis menjadikan PERSIB sebagai klub idola, sama seperti halnya anak-anak seumuran penulis saat itu, penulis juga bermimpi bahwa suatu saat penulis akan menjadi pemain persib hebat seperti Robbi Darwis, Sutiono, Kekey Zakaria, Yudi Guntara, dkk

Persib pernah juara, dan akan juara lagi dan lagi

Teringat kembali masa-masa ketika penulis masih berkuliah di salah satu perguruan tinggi negeri di kota Bandung pada pertengahan tahun 2000-an, ketika itu muncul kembali harapan PERSIB akan juara kembali ketika era pelatih Arcan Iurie hanya mampu juara pada separuh musim pertama.

Sayang, beberapa diantara keluarga kita, saudara, teman dan kerabat sudah tidak dapat menyaksikan kejayaan PERSIB hari ini. Semoga mereka saat ini sedang terseyum disisi-NYA melebihi kegembiraan kami yg sedang dalam euforia kemenangan PERSIB ini. Pertandingan final yang luar biasa sekaligus dramatis, melawan salah satu klub terbaik & paling solid di negeri ini dalam satu dekade terakhir, PERSIPURA.

mari kita merenung & berdo'a sejenak
Walau penulis mengidolakan PERSIB sejak kecil, namun penulis mengakui PERSIPURA adalah klub yang hebat dengan pemain dan pelatih hebat. Penulis membayangkan apabila Jackson F. Tiago hadir mendampingi PERSIPURA sebagai pelatih malam ini pertandingan akan lebih seru. Jujur saja dalam 10 tahun terakhir penulis mengagumi gaya sepakbola mereka sejak era Rahmad Darmawan dan ketika era Jackson F. Tiago penulis semakin kagum dengan perkembangan sepakbola mereka dan kapten mereka Boaz Solossa adalah salah satu pemain timnas idola penulis bahkan penulis pernah berharap kalau ia akan berseragam PERSIB. Mereka selalu tampil konsisten di papan atas Liga Indonesia, penulis yakin musim depan PERSIPURA akan kembali menjadi salahsatu pesaing terberat PERSIB.

Sayang yah partai final tidak jadi di gelar di SUGBK Jakarta. Penulis kangen masa-masa ketika Jakatra dan SUGBK menjadi lautan biru seperti masa-masa lampau sebelum era permusuhan Viking - The Jack. Kapan yah momen yg seperti itu bisa terulang lagi. Semoga permusuhan Viking - The Jack ini segera berakhir, sudah banyak kerugian yg terjadi akibat adanya permusuhan ini.

HARAPAN Untuk Sepakbola yang Lebih Baik di Negeri ini
Semoga dengan kemenangan PERSIB dalam menjuarai LIGA SUPER INDONESIA 2014 ini, megobarkan semangat dan gairah terhadap perkembangan sepakbola yang lebih baik di negeri ini, khususnya di Provinsi Jawa Barat. Karena saat ini penulis merasa risau dengan perkembangan sepakbola saat ini di daerah-daerah. Olahraga ini kurang diperhatikan di tingkat akar-rumput, peran orangtua dan pemerintah lokal di daerah serta lembaga-lembaga dan institusi di masyarakat sepertinya kurang memberikan perhatian dan support. Semoga PERSIB sadar dengan hal ini dan datang blusukan ke daerah-daerah tidak sekedar latihan dan liburan tetapi juga berperan mensupport dan mengajak peran para orangtua, pemerintah daerah, lembaga-lembaga dan institusi yang potensial untuk mengembangkan olah raga ini.

Banyak sekolah-sekolah yg tidak memiliki lapangan olah raga, banyak desa dan kecamatan yg tidak memiliki lapangan sepakbola, banyak karang taruna dan organisasi pemuda di bidang sepak bola yg non-aktif, SSB-SSB yang menutup kelas mereka, banyak lapangan sepakbola yang tidak dimanfaatkan dan dialih fungsikan, sarana olahraga sepakbola yg tidak digunakan, angaran-anggaran yang tidak digunakan untuk mengembangkan olah raga ini, banyak pelatih-pelatih/guru sepakbola yang menganggur, bahkan harus banting setir alih profesi, dan sebagainya, ini adalah hanya beberapa sekian dari permasalahan sepakbola di negeri ini yang harus segera diatasi untuk mempercepat perkembangan sepakbola di negeri ini. Dimana negara-negara lain semakin maju dengan pesat dan cepat, apakah Indonesia hanya mau berkembang & berjalan dengan pelan-pelan? Bahkan negara baru seperti Timor Leste saja sudah bisa mengimbangi kualitas sepakbola kita, Malaysia dan Singapura sudah pernah menjuarai AFF CUP dan negeri ini, hal-hal yg kecil saja masih belum bisa terpecahkan solusinya, bagaimana bisa bersaing di tingkat dunia? Sekali lagi semoga PERSIB sadar dengan hal ini dan memulai kampanye mereka di daerah Jawa Barat begitu pula dengan daerah-daerah lain, semoga sepakbola Indonesia menjadi lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar