Selasa, 28 Oktober 2014

Cara Meminjamkan Game Library Steam ke Teman atau Saudara (Steam Family Sharing)



Pagi hari tadi penulis ditanya oleh teman penulis, dia bertanya kenapa penulis kok bisa memainkan game GRID 2 padahal teman penulis melihat di steam store bahwa penulis belum pernah membeli game tersebut dari steam store. Jawaban nya adalah melalui Steam Family Sharing.

Kini user steam dapat meminjamkan game kepada saudara atau teman atau keluarga sehingga mereka dapat memainkan game-game yang ada di library akun steam kita, begitu pula sebaliknya kita dapat meminjam game-game mereka. Bagaimana, menarik bukan?

Pada postingan ini penulis akan memberikan tutorial singkat bagaimana cara meminjamkan library game kita kepada teman, saudara, keluarga, atau kerabat. Oh ya hampir lupa, perlu diketahui kita hanya bisa meminjamkan game / library kita kepada maksimal 5 orang teman kita dan maksimal untuk digunakan di 10 mesin komputer (PC) yang berbeda.


Ternyata Tidak Perlu Pergi Ke Bulan atau Luar Angkasa untuk Merasakan Mengambang Tanpa Gravitasi
Gravitasi atau gaya tarik bumi menyebabkan manusia dan semua benda di permukaan bumi cenderung menempel atau menginjak ke permukaan ...

Pemotretan Model Bikini di Ruang Pesawat Tanpa Gravitasi
Majalah Sport Illustrated
ketagihan menggunakan model Kate Upton sebagai model sampulnya.
Tahun lalu Kate diboyong ke kutub utara untuk pemotretan majalah. Kini dia ...

Meminjamkan Library Game kepada orang serumah pada mesin komputer (PC) yg sama
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Login menggunakan Akun yg akan meminjam game (Pemimjam Game) sebaiknya agar add friend dulu nama/akun yg akan meminjamkan game (Pemilik Game), apabila kedua akun tersebut (peminjam dan pemilik) belum berteman, sehingga nanti muncul nama akun steam si Pemilik Game di Friends List / Daftar Teman si Peminjam Game. Kemudian CHANGE USER >> LOGOUT.

2. Login menggunakan Akun yg akan meminjamkan (Pemilik Game) kemudian masuk ke menu Steam >> Settings nah nanti klik pada TAB yg namanya Family disana klik tombol AUTHORIZE THIS COMPUTER lalu pada daftar dibawah SHARE - ELIGIBLE ACCOUNTS centang nama akun si Peminjam Game pada check list, lalu klik tombol OK. Abis itu CHANGE USER >> LOGOUT

3. Login menggunakan Akun yg akan meminjam game (Pemimjam Game) lagi dan lihat, kini game-game yg ada di library si Pemilik Game sudah masuk & ada di Library si Peminjam Game.


Daftar Game-Game Steam yang Region Lock/Block (dari Region SEA/Indonesia)
Bulletstorm™, F1 2010™
FINAL FANTASY® XI: Ultimate Collection Seekers Edition, FINAL FANTASY® XIV: A Realm Reborn™, Lost Planet® 2, METAL GEAR RISING: REVENGEANCE ...

Trik Cara Membuka Halaman Game-Game Steam yang Region Block (Region Lock)
"Oops, sorry! An error was
encountered while processing your request: This item is currently unavailable in your region" Jujur saja kata-kata diatas adalah kata-kata yang paling menyebalkan ...

Meminjamkan Library Game kepada teman secara jarak-jauh
Nah sekarang, pertanyaannya bagaimana cara apabila kita ingin meminjamkan Library Game kita kepada teman kita yang jauh dan tidak dapat bertemu secara langsung ke rumahnya atau hanya dapat berinteraksi secara online?

Caranya? ada beberapa cara, diantaranya:
1. Dengan Meminjamkan Akun dan Password
Ini adalah cara yg paling mudah sekaligus cara yg paling tidak aman. Dengan meminjamkan password kita kepada teman kita agar dia bisa login menggunakan akun kita. Saran penulis apabila cara ini yg dipilih pastikan jangan memberikan akun & password kepada orang yg tidak kamu kenal atau orang yg hanya kamu kenal secara online lewat internet karena resikonya akun kamu nanti akan dicuri, dengan cara dirubah password maupun alamat emailnya. Pastikan hanya orang yg benar-benar kamu kenal saja atau orang yg punya reputasi yg bisa dipertanggungjawabkan saja yg boleh dipinjamkan dengan cara seperti ini. Dan pastikan kamu merubah password kamu setelah akun kamu dipinjamkan, apabila kamu sayang dengan kata/kalimat password kamu, coba rubah dulu password kamu sebelum dipinjamkan, setelah selesai nanti kamu dapat mengubah kembali kalimat/kata password kamu seperti semula.

2. Dengan Program Remote Windows jarak jauh
Pemilik game meremot PC si peminjam game dari jarak jauh tujuan nya agar bisa login dari PC si Peminjam game & memberikan izin dengan mengklik tombol AUTHORIZE THIS COMPUTER
tujuannya agar si pemilik game tidak perlu memimjamkan nama akun dan password, jadi dia tinggal meremot dari jarak jauh PC si peminjam dan melakukan login dan authorize secara mandiri.

3. Dengan mengupload folder steam 
Pemilik game mengupload folder steam miliknya dan peminjam mendownloadnya. Kelemahan cara ini adalah prosesnya LAMBAT, proses untuk melakukan upload & download folder steam yg kira-kira berkisar sebesar 400 MB sampai 700 MB bukanlah hal yg dapat dilakukan dengan sekejap mata.

4. Cara mengupload file-file yg penting saja
Cara ini hampir sama dengan cara no,3 hanya saja file-file yg penting saja yg secara selectif di upload lalu nanti di download dan di paste ke folder steam si peminjam game. Nah cara nomor 4 ini sepertinya cara paling efisien, karena tidak perlu menginstall program remot, aman karena tidak meminjamkan password, dan tentunya lebih cepat karena tidak perlu mengupload & mendownload file dan folder steam yg ukurannya ratusan MB.

Nah untuk penjelasan lebih detailnya tentang 4 cara diatas akan penulis bahas di lain kesempatan.
UPDATE - detail Cara Pertama dapat dilihat di Postingan dibawah Ini:


RAZER Ouroboros
RAZER Ouroboros
LOGITECH G502 Proteus Core Gaming Mouse [910-004077]
LOGITECH G502 Proteus Core Gaming Mouse [910-004077]
GENIUS Gila [31010162101]
GENIUS Gila [31010162101]


Baca Juga:

19 komentar:

  1. Terima Kasih Infonya Kaka

    BalasHapus
  2. Bro...
    Kalo game share ga bisa buat main online ?
    Saya sudah share game csgo tapi tidak bisa main online, dan harus main sama bot

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok, saya suka pinjamin CSGO & Call of Duty MW2 ke temen bisa kok main online/multiplayer.

      Mungkin kamu internetnya kurang lancar aja koneksi nya ke server CSGO nya!

      Hapus
    2. Caranya gimana saya sudah nyoba cs go family tapi ga bisa online internet nya lancar kok

      Hapus
    3. @Raja Muhammad
      Coba tes dulu pake akun yang meminjamkannya bisa main OL gak?

      Hapus
  3. Kok pas habis saya pencet play di akun peminjam, kan keluar tuh preparing play, nah terus muncul error. Pas mau dipencet lagi kok disuruh buy ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya akun yang meminjamkan sedang online & main game. Soalnya kalo akun yang meminjamkan sedang online & main game, biasanya sih gak bisa dimainin/dipinjam. Harus tunggu dia udahan main, baru si peminjam bisa main.

      Hapus
  4. jika minjam game bisa dimainkan mode offline tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayangnya kalo mau pinjam game harus online.

      Hapus
  5. gan klo misalnya kita pinjamkan game kita , kita bisa main bareng gx ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak bisa gan harus sendiri-sendiri. Kalo akun pemiliknya bermain game, maka si pemimjam akan keluar dari game yang sedang dia mainkan

      Hapus
  6. gan sudah saya lakukan cara begituh memang ada di id saya itu game nya .. tapi tidak bisa di mainkan malah di suruh nya sent request

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah dicoba step by step yang ini gan: http://myoriginalscript.blogspot.co.id/2016/07/pre-load-complete-meminjamkan-library.html

      Hapus
  7. sudah di share family masih tetep aja game yg di share tida bisa online, apakah harus online steam juga akun yg meminjamkan game ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akun peminjam dan yang meminjamkan harus login dan main pada PC yang sama. Sepertinya kalian bermain di PC yang berbeda. Kalo mau main di PC yang lain ya harus dishare lagi di PC tersebut oleh akun orang yang akan meminjamkan gamenya.

      Hapus
    2. Sudah coba klik tutorial Step by step-nya?: Klik disini-nya

      Hapus
  8. Gan game yg d share bisa d hapus ga

    BalasHapus
  9. gan saya beli csgo.. terus saya share ke akun saya yang ke2.. waktu itu saya bisa main.. terus saya uninstall csgonya pake akun yang ke 1.. pas saya download lagi csgonya.. dan saya mau main pake akun yang ke2 eh malah bacaanya "purchase" bukan "play" terus si csgonya jadi di "my game" bukan di "akun1 game". Itu kenapa ya? mohon bantuanya~

    BalasHapus