Jumat, 03 Oktober 2014

Mendapatkan Uang / Steam Wallet dari Steam Community Market (Part1)

Mungkin banyak orang yg ingin mendapatkan uang/steam wallet secara gratis. Tapi tetap saja segala sesuatu itu harus ada usahanya. Pada postingan ini penulis akan berbagi, bagaimana cara mendapatkan uang/steam wallet dengan cara trading atau berjualan di Steam Community Market.

Karena sepengalaman penulis, kita bisa membeli game original di steam tanpa mengeluarkan uang sepeserpun, dengan cara "jualan" melalui Steam Community Market.

Apa saja yang bisa kita jual?
Nah ini tergantung game apa saja yang kita mainkan di steam. Ada beberapa game tertentu yang memungkinkan kita untuk memperjual-belikan item-item di dalam game tersebut. Umumnya item-item yang bisa diperjual belikan bisa dilihat di inventory steam kita. Yuk, kita cek dulu inventori kita!



Di inventory penulis, terdapat berbagai item dari game-game yang pernah penulis mainkan seperti Team Fortress 2, Dota 2, Counter Strike Global Offensive, dll.


Ternyata Tidak Perlu Pergi Ke Bulan atau Luar Angkasa untuk Merasakan Mengambang Tanpa Gravitasi
Gravitasi atau gaya tarik bumi menyebabkan manusia dan semua benda di permukaan bumi cenderung menempel atau menginjak ke permukaan ...

Pemotretan Model Bikini di Ruang Pesawat Tanpa Gravitasi
Majalah Sport Illustrated
ketagihan menggunakan model Kate Upton sebagai model sampulnya.
Tahun lalu Kate diboyong ke kutub utara untuk pemotretan majalah. Kini dia ...

Bila kita klik salah-satu item di inventory, maka akan muncul informasi dari item tersebut di sebelah kanan halaman inventory. Contohnya penulis meng-klik item Nova | Green Apple. Ini adalah salah satu item weapon skin dari game Counter Strike Global Offensive yang dapat di perjualbelikan di Steam Community Market.



Coba kita perhatikan, pada informasi item tersebut ada informasi pada bagian paling bawah bertuliskan:
Starting at: Rp 1075.10
Volume: 592 sold in the last 24 hours
Itu maksudnya item tersebut dihargai di market paling murah seharga Rp 1.075,10 dan sudah terjual sebanyak 592 unit dalam waktu 24 jam terakhir. Artinya apabila kita menjual dengan harga setara atau dibawah Rp 1.075,10 maka item kita akan lebih cepat terjual, begitu pula sebaliknya bila menjual diatas Rp 1.075,10 maka item kita akan terjual relatif lebih lama, karena tentu saja para calon pembeli akan membeli terlebih dahulu item-item yang lebih murah harganya.


Top 10 Games Murah Rp 10.000 - Rp 20.000 (Steam Winter Sale)
1. METAL SLUG & 
METAL SLUG X & METAL SLUG 3
2. The Witcher: Enhanced Edition Director's Cut 3. Just Cause 2 4. PAYDAY™ The Heist ...

Top 5 Games Murah di bawah Rp 10.000 (Steam Winter Sale 2015/2016)
Tidak banyak game-game
keren yang dijualditawarkan dengan harga sale sepuluh ribu kebawah, setidaknya game-game berikut ini cukup membuat penulis ingin memainkannya ...

Sedangkan tombol hijau bertuliskan SELL dapat kita klik untuk menjual item tersebut. Apabila kita klik tombol SELL tersebut akan muncul jendela baru seperti dibawah ini:


Pada jendela tersebut terdapat informasi berupa diagram garis. Dalam diagram tersebut sumbu y menunjukkan nilai harga dalam satuan mata uang rupiah, sedangkan sumbu y menunjukkan hari. Pada diagram diatas menunjukan garis turun naik harga item tersebut selama satu bulan terakhir sekitar tanggal 3 September sampai tanggal 3 Oktober. Kita juga dapat mengarahkan pointer mouse ke arah garis pada diagram tersebut untuk melihat infromasi yang lebih detail. Penulis mencoba mengarahkan dan muncul informasi:
Oct 3 2PM
Rp 1567,24
20 Sold
 Artinya pada tanggal 3 October, pukul 2 siang sudah terjual sebanyak 20 unit seharga Rp1567,24.

Untuk menjual item, kita harus mengisi salah satu dari dua form dibawah:
You receive: artinya berapa uang yang ingin terima dari penjualan barang tersebut
Buyer pays: artinya berapa uang yang harus dibayar si pembeli
Loh kok? artinya apabila ada seseorang membeli item kita seharga Rp 1.075,10, maka uang atau steam wallet yang kita terima adalah sebesar Rp 934,88 saja, sisanya ya semacam fee atau pajak atau biaya/upah bagi untung dengan pihak steam. Dari transaksi tersebut steam mendapatkan keuntungan sebanyak Rp 140,22 kecil memang tapi dalam satu hari terdapat ribuan bahkan jutaan transaksi di Steam Community Market. Ini adalah salah satu sumber penghasilan perusahaan ini, jadi sama-sama menguntungkan lah. Sepengetahuan penulis, kita hanya akan memperoleh sekitar 87% dari harga jual item di steam market, artinya steam meminta fee sekitar 13% per transaksi dari market mereka.

Bila kita mengisi You receive: misalnya sebesar Rp 1.075,10 maka form Buyer pays: akan terisi secara otomatis dengan sendirinya sebesar Rp 934,88. Begitu pula sebaliknya. bila telah memasukan harga kita dapat klik tombol hijau bertuliskan "Ok, put it up for sale", oh ya jangan lupa untuk mencentang I agree to the terms of the Steam Subscriber Agreement (last updated 4 Jul, 2013.). Setelah itu akan muncul pesan "Your Nova | Green Apple was successfully listed in the Community Market." pada bagian atas halaman.


Nah kalo sudah kita bisa cek di community market di halaman tersebut ada tab My Active Listings, item-item yang kita daftarkan di community market akan berada disana (jika belum ada yang membelinya)


Di halaman Steam Community Market, tepat di pojok kanan-atas terdapat gambar profil kita dan disampingnya terdapat informasi yang menunjukkan Wallet balance Rp19.530,32 yaitu jumlah uang/steam wallet yang penulis miliki. Di halaman tersebut terdapat daftar item-item yang telah kita daftarkan untuk dijual di market beserta tanggal pendaftarannya berikut harga jual (dan berapa banyak steam wallet yang akan kita peroleh apabila item tersebut terjual). Disampingnya ada tombol Remove untuk membatalkannya dari market. Perlu diketahui, barang yang telah di daftarkan di Steam Community Market tidak akan tampil di inventori walaupun item tersebut belum terjual dan tidak bisa kita pakai di dalam game Counter-Strike: Global Offensive. Apabila kita klik Remove untuk membatalkannya dari market maka item tersebut akan kembali dan ke dalam inventory dan dapat kembali pakai di dalam game Counter-Strike: Global Offensive..

Oh ya untuk melihat daftar item yang sudah terjual kita bisa lihat di tab My Market History



disini kita bisa melihat, item apa saja yang telah terjual berikut informasi pembeli dan harga jual yang masuk ke kas/wallet balance kita. selain itu kita juga dapat melihat daftar item yang telah kita daftarkan, ataupun item apa saja yang telah kita batalkan dari daftar jual beserta tanggal transaksinya.



Daftar Game-Game Steam yang Region Lock/Block (dari Region SEA/Indonesia)
Bulletstorm™, F1 2010™
FINAL FANTASY® XI: Ultimate Collection Seekers Edition, FINAL FANTASY® XIV: A Realm Reborn™, Lost Planet® 2, METAL GEAR RISING: REVENGEANCE ...

Trik Cara Membuka Halaman Game-Game Steam yang Region Block (Region Lock)
"Oops, sorry! An error was
encountered while processing your request: This item is currently unavailable in your region" Jujur saja kata-kata diatas adalah kata-kata yang paling menyebalkan ...

BACA JUGA:

10 komentar:

  1. Gan mau nanya, kalau jual game dalam inventori apakah masih ada game tersebut?
    makasih, sy tunggu jwbnya....

    BalasHapus
  2. gan kalo uda ada steam wallet tapi ga bisa belanja di community market kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu harus nunggu dulu sekitar sebulanan (30 hari) baru bisa belanja. Itu aturan keamanannya spt itu, mirip steam guard, supaya mencegah penyalahgunaan akun-akun di steam, seperti spamer, pencurian ato ada akun kena hack misalnya.

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. maaf yang komentar spam ane delete

    BalasHapus
  7. Maaf mau tanya. Permainan team fortress itu pakai uang benaran atau uang maya? Koq tulisan pakai idr. 35.100,- Mohon pencerahannya. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rp 10.000 di steam itu adalah mata uang maya, ibaratnya macam pulsa kalo di HP. Misal isi pulsa 10rb bayarnya kalo pakai uang beneran jadi 12rb. Nah di steam juga gitu, Rp 10.000 di steam kalo beli pakai uang nyata mungkin sekitar 12rb-15rb an harganya.

      Hapus