Minggu, 08 Mei 2016

Berbahayakah Fluorida dalam Air Aqua?

Beberapa hari yang lalu istri saya terkejut ketika membaca salah satu postingan di media sosial terkait tentang "Berbahayanya zat Fluorida di dalam Air Mineral". Sebetulnya saya tidak terlalu terkejut karena isu ini sudah ada sejak sebelum tahun 2010-an, sejak era awal-awal internet masuk ke pedesaan melalui layanan Telkom Speedy dan awal kepupuleran Youtube. Yang membuat saya heran, kenapa isu lama ini masih hangat dan dijadikan fokus/topik di media sosial tahun 2016 ini? Jika di perhatikan artikel dalam situs tersebut ada beberapa kejanggalan yang penulis curigai yang mengindikasikan bahwa ini hanya berita HOAX atau tidak benar, diantaranya:

1. Berita/isu Lama dan Web/Blog hasil Copy-Paste
Sepertinya masih banyak orang yang belum mengetahui isu ini. Pada artikel yang berjudul panjang "Please Tolong Tolong Bantu Sebarkan Saudara-Saudaraku"!! Miris Bacanya, Terungkap Sudah.. Ternyata Selama Ini Indonesia Sudah Dibodohkan Dengan Air Mineral" yang dapat di akses pada url berikut: http://www.rumahsehat99.com/2016/05/please-tolong-tolong-bantu-sebarkan.html, singkatnya dikabarkan bahwa zat Flouride adalah zat yang berbahaya yang merupakan bagian dari konspirasi Zionis Israel melalui perusahaan Danone/Aqua untuk membodohi negara yang mayoritas penduduknya memeluk agama Islam ini. Selain dari situs web diatas, kita dapat dengan mudah mengakses kabar/informasi yang sama dari situs lain dengan isi yang kurang lebih sama. Saya meyimpulkan bahwa info tersebut adalah hasil copy-paste antar web/blog.

2. Foto Ilustrasi Palsu (mencuri dari situs berita lain)
Agar meyakinkan pembaca, pada artikel tersebut disertakan foto/gambar ilustrasi seperti berikut ini:
foto polisi dan galon seolah-olah air Aqua galon memang berbahaya
padahal foto diatas adalah foto "curian" yang aslinya berasal dari salah satu artikel di situs web berita liputan6.com yang berjudul "Awas Air Mineral Kemasan Galon Palsu Kembali Beredar" yang dapat diakses melalui link berikut: http://news.liputan6.com/read/2042099/awas-air-mineral-kemasan-galon-palsu-kembali-beredar

lagi-lagi foto galon dan pak polisi
foto kedua "dicuri" dari situs berita lain yaitu Tribun Jogja, link: jogja.tribunnews.com
sama seperti foto sebelumnya, foto tersebut aslinya berasal dari artikel berjudul "Pelaku Pemalsuan Aqua Galon Dijerat Pasal Berlapis" yang dapat diakses melalui url berikut: http://jogja.tribunnews.com/2015/01/19/pelaku-pemalsuan-aqua-galon-dijerat-pasal-berlapis

3. Tanggapan Perusahaan Terkait Isu Kandungan Fluorida dalam AQUA
Ternyata pihak Aqua sendiri sudah pernah menanggapi isu di media sosial ini sejak tahun 2013, bahwa Fluorida adalah salah satu zat gizi mikro yang dibutuhkan oleh tubuh. Pemerintah,telah menetapkan batasan kandungan fluorida dalam air minum melalui Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 492/Menkes/Per/IV/2010 tentang persyaratan kualitas air minum, yaitu tidak lebih dari 1,5 mg/l.   Batasan yang sama juga ditetapkan oleh World Health Organization (WHO, 2011) sebesar 1,5 mg/l.  Batasan yang lebih ketat bahkan ditetapkan dalam SNI 01-3553-2006 tentang Air Minum dalam Kemasan, dimana kandungan fluoride dalam air mineral tidak boleh melebihi 1 mg/l. Sedangkan pihak Aqua sendiri mengklaim bahwa kandungan fluorida dalam produk AQUA tidak lebih dari 0,5 mg/l.
URL Sumber: http://aqua.com/kabar_aqua/berita-perusahaan/tanggapan-perusahaan-terkait-isu-1

4. Air Zam-Zam juga mengandung Fluoride
Sepertihalnya air tanah lainnya air yang dianggap suci oleh umat Islam, yaitu air Zam Zam pun sebetulnya mengandung mineral fluoride. Pada artikel berjudul "Penelitian: Air Zam-zam Kaya akan Mineral" yang di terbitkan oleh salah satu situs web berita terbesar dan tertua  Indonesia detik.com, disebutkan bahwa Air Zam-zam yang diambil langsung dari sumbernya memiliki kadar fluoride 0,75 ppm sementara yang dialirkan melalui pipa sebanyak 0,68 ppm. Dimana 1 ppm setara dengan 1 mg/l (1 ppm - 0.99 mg/l). Artinya air mineral seperti Aqua bahkan memiliki konsentrasi/kandungan flouride lebih rendah daripada air Zam Zam.
sumber: http://health.detik.com/read/2011/05/09/174957/1635780/763/penelitian-air-zam-zam-kaya-akan-mineral

5. Jadi benarkah zat Flouride berbahaya?
Logika sederhananya: jangankan flouride, kita minum air sumur juga kalo kebanyakan ya berbahaya. Segala sesuatu kalo berlebihan juga berbahaya. Makan buah durian kalo kebanyakan juga berbahaya.

6. Bingung? yang mana sih yang benar?
Pada zaman era informasi dan internet seperti seperti sekarang ini, kadang kita kebingungan dalam menyaring informasi. Kadang pihak tertentu bilangnya si anu itu baik sebaliknya pihak yang lain menyebut si anu itu buruk. Banyak sekali informasi yang bertolak-belakang atau berlawanan sehingga membingungkan kita sehingga butuh kerja ekstra dalam menyaringnya.

Ironisnya pada beberapa website/blog yang menuliskan artikel yang berhubungan tentang Fluorida, Aqua, Danone, Zionis, dan Israel ini selalu dikaitkan dengan website/blog Islami. Seolah-olah berita atau artikel tersebut membela/melindungi umat Islam, penulis jadi teringat pada salah satu ayat di dalam Al-Quran:
Dan apabila datang kepada mereka suatu berita tentang keamanan ataupun ketakutan, mereka lalu menyiarkannya. Dan kalau mereka menyerahkannya kepada Rasul dan Ulil Amri di antara mereka, tentulah orang-orang yang ingin mengetahui kebenarannya (akan dapat) mengetahuinya dari mereka (Rasul dan Ulil Amri). Kalau tidaklah karena karunia dan rahmat Allah kepada kamu, tentulah kamu mengikut syaitan, kecuali sebahagian kecil saja (di antaramu). (QS An Nisaa 4:83)
Berdasarkan ayat tersebut, seharusnya kita mempercayai sesuatu informasi dari sumber yang terpercaya dalam ayat tersebut disebut Rasul dan Ulil Amri diantara mereka. Sedangkan pada zaman ini, sumber yang dapat dipercaya atau paling tidak yang bertanggung jawab adalah pemerintah melalui depkes. Begitupula web site www.depkes.go.id adalah situs yang dapat dipertanggung-jawabkan. Selain itu situs resmi Aqua, detik.com pun dapat dipertanggungjawabkan, berbeda dengan blog atau website abal-abal yang memberikan informasi tidak jelas sumbernya sudah dipastikan isinya adalah berita HOAX yang tidak bisa dipertanggungjawabkan, bahkan pemilik dan alamat penulis artikelnya pun masih dipertanyakan.

Banyak hikmah dan pelajaran yang bisa kita ambil dari Ayat-Ayat Al-Quran. Sayangnya kebanyakan orang yang mengaku muslim malah lebih suka menghafalkan lirik lagu yang belum tentu jelas kebenarannya daripada menghafal ayat-ayat Al-Quran, termasuk penulis T_T. Astaghfirullah semoga Allah mengampuni saya sehingga menjadikan saya kembali jalan yang lurus. Yaitu jalan orang-orang yang selalu mengingat Allah, mengingat firman-firmannya, sehinga senantiasa mendapatkan pentunjuk menuju jalan yang lurus dan kelak menjadi orang yang beruntung.
Merekalah yang mendapat petunjuk dari Tuhan mereka, dan merekalah orang-orang yang beruntung (QS Al Baqarah 2:3)

Mohon maaf bila ada kekurangan
Wasalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar