Rabu, 04 Mei 2016

STAR WARS DAY



Awal bulan Mei ini merupakan harinya franchise game Star Wars. Walaupun penulis bukan fans franchise ini dan tidak terlalu paham cerita dan timeline dari film-film star wars, tapi setidaknya sempat merasakan impresi dari beberapa game yang dibuat berdasarkan franchise Star Wars ini.


Star Wars Rogue Squadron adalah game Star Wars pertama yang pernah penulis mainkan di era OS Windows 98 SE / Windows ME. Masih ingat waktu itu penulis masih memakai PC dengan CPU intel Pentium II, yang kecepatannya masih belum mencapai 1 GHz, mungkin cuma 500 MHz atau kurang. Kala itu procie dengan kecepatan 1000 MHz masih merupakan barang mewah hahaha.

Ketika penulis suka bermain Ace Combat 3 Electrosphere, yang memiliki gameplay arcade tapi agak sulit mencari game sejenis untuk PC karena saat itu PC masih didominasi oleh game-game combat simulation dan atau semi-simulation yang gameplay-nya lebih serius seperti F16 Aggressor, F-22 Lightning II/Lightning 3/Raptor, Strike Commander, Comanche 4, Jane's F/A-18Jane's USAF, sampai Lock-On: Modern Air Combat nenek moyangnya game DCS (Digital Combat Simulation). Maka game Star Wars Rogue Squadron lah yang mengobati rasa haus penulis akan game combat arcade ala Ace Combat di PC yang gameplaynya sederhana.


Game Star Wars lain yang masih membuat penulis ingin memainkannya lagi adalah Star Wars The Force Unleashed. Penulis masih belum menenamatkannya dan masih penasaran. Dulu game ini penulis hapus dari hardisk PC karena menggunakan space terlalu besar. Zaman sekarang ketika kapasitas hardisk sudah mencapai beberapa TB sih kayaknya gak aneh kalo ada game dengan size 20 GB keatas, namun pada enam taun yang lalu game yang menghabiskan space sampai 30 GB itu bener-bener "gila" hahahaha.


Sekitar satu tahun kemudian SWTFU 2 dirilis, namun penulis belum pernah memainkannya. Karena dari beberapa review sih katanya tidak beda jauh dengan game yang pertama, malah ada yang bilang lebih bagus SWTFU yang pertama.


Game Lego Star Wars pun harganya cukup menarik. Sebetulnya penulis belum pernah menamatkan satupun game-game Lego, karena penulis hanya asal main saja bersama keluarga atau saudara atau bersama teman gak terlalu serius. Mungkin save game-nya pun sudah terhapus dan penulis tidak terlalu peduli dengan itu.


Namun kadang penulis menginginkan untuk memainkannya kembali melanjutkan petualangan. Dengan membeli game di steam biasanya beberapa game memiliki fitur Steam Cloud yang membuat save game kita aman dengan cara menguploadnya secara otomatis ke server Steam Cloud. Sehingga ketika kita kehilangan saved file kita, steam akan mengunduhnya dari server Steam Cloud secara otomatis. Sayangnya untuk kedua game lego Star Wars ini penulis masih meragukan apakah kedua game ini dapat menggunakan fitur Steam Cloud. Karena pada kenyataannya banyak game lain yang tidak bisa menggunakan fitur ini, apalagi pada halaman Steam Store nya kedua game ini tidak ada logo Steam Cloud yang mengindikasikan kalo game ini memang tidak dapat memakai Steam Cloud. Sayang sekali.

mau borong dan koleksi game-game Star Wars?

Pre-Order seri game Lego SW terbaru
Lego Star Wars: The Force Awakens


Tidak ada komentar:

Posting Komentar