Rabu, 05 Oktober 2016

Cari dan Pilih Mobo Soket LGA 1155 (Mainboard/Motherboard) untuk intel Core i3 2100 Sandy Bridge

Beberapa hari yang lalu PC andalan penulis bermasalah, sering terjadi hang dan blue-screen. Sebenarnya penulis sudah tidak heran kalo PC andalan penulis yang ini mengalami masalah. Karena sejak dibeli beberapa tahun yang lalu, mungkin sekitar tahun 2011 an PC yang satu ini memang bermasalah.
Motherboard Intel Socket LGA1155
Tergiur performance per watt yang kencang namun efision, penulis meminang Intel® Core™ i3-2100. Begitu pula dengan teknologi USB baru ketika itu yaitu USB 3.0 yang ditawarkan oleh produsen motherboard ECS. Menarik perhatian penulis untuk membeli Mobo dengan USB 3.0 yang pada praktiknya justru jarang penulis pakai. Selain itu port USB 3.0 pada Mobo ECS dengan soket LGA 1155 ini juga bermasalah, entah kenapa port kadang berfungsi dan kadang tidak berfungsi. Lebih parahnya baru sekitar beberapa minggu port USB 2.0 juga bermasalah yang kadang berfungsi kadang tidak namun lebih jarang terjadi daripada port USB 3.0 yang akhirnya cuma penulis gunakan sebagai sumber power buat speaker, wkkwkwkwk. 
Seri motherboard yang penulis pakai adalah Mobo ECS tipe H67H2-M3 (V1.0), karena tipe itu yang ada USB 3.0 nya. Penulis menyesal memilih beli teknologi USB 3.0 yang mahal itu tapi ternyata jarang penulis manfaatkan.
Setelah lelah dengan mobo cacat, akhirnya penulis memutuskan untuk mencari mobo penggantinya. Berikut ini adalah kandidat MOBO Socket LGA 1155 yang akan penulis pasangkan dengan Intel Core i3 2100 Sandy Bridge kesayangan penulis:
BIOSTAR B75MU3B (USB 3.0) ... cek harga

Untuk merek terakhir, mobo AMPTRON harganya miring cuma 390 ribu, namun penulis tidak yakin karena motherboard merek abal-abal biasanya banyak masalah. Bahkan Merek ASROCK, ECS, JETWAYBIOSTAR, sampai MSI saja sekarang penulis agak-agak meragukannya karena pernah mengalami masalah teknis yang tidak menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar