Minggu, 12 Oktober 2014

Pengalaman membeli RESIDENT EVIL 6 COMPLETE murah (Kurang dari Rp 100 ribu)

Sudah sekitar sebulanan sejak penulis memutuskan untuk membeli game Resident Evil 6. dari Steam Store ketika Steam mengadakan diskon hingga entah 75% apa 90% yah penulis lupa. Waktu itu mau beli tapi penulis penasaran melihat harga di forum steamtrades.com, akhirnya penulis cari-cari deh thread lapak yg jual RE6 ternyata ada yg lebih murah dari pada harga diskon di Steam Sale. Waktu itu harga di steam store sekitar kurang lebih $10 USD steam wallet, kalo dirupiahkan mungkin sekitar Rp 125 ribu.



Ketika "jalan-jalan" di situs steamtrades.com ternyata ada seller yg menjual Resident Evil 6 Complete (RE6 + Semua DLC-nya) cuma seharga 3 TF2 keys, nah lo. Gokil, seingat penulis perkiraan TF2 Key itu harganya di Steam Store/TF2 Store atau di in-game Team Fortress 2-nya adalah sekitar $2,5 USD Steam Wallet (sekitar Rp 30 ribuan). nah berarti kalo RE6 Complete dihargain cuma 3 TF2 Keys berarti kan cuma $7,5 USD (sekitar Rp 94 ribuan).

Steam Community Market
sudah tau ada yg murah penulis malah penasaran pengen lihat harga yg lebih murah lagi. Biasanya harga key di Steam Community Market sedikit lebih murah daripada beli langsung di Steam Store/Team Fortress in-game Store-nya. Dan ternyata waktu itu kalo gak salah harga pasarannya cuma $2,25 USD. 


Gak pikir panjang lagi akhirnya penulis putuskan langsung beli 3 buah TF2 Key dari Steam Community Market. Akhirnya kebeli juga deh Resident Evil 6 Original + Semua DLC-nya hehehehe. ya kalo dirupiahkan kurang lebih penulis cuma mengeluarkan uang sebanyak Rp 85 ribuan saja (kurang dari 100 ribu).


Alhamdulillah dengan membeli RE6 Original ini penulis bisa memberi kontribusi kepada salah satu franchise game favorit penulis, yaitu Resident Evil. Harga game global masih tergolong mewah untuk rata-rata gamer Indonesia yg kebanyakan masih bermain-main dengan software game ilegal / bajakan, bisa diakali dengan cara menjadi "Discount Hunter" dan "Smart-Trader".

Memang gamer dari Indonesia ini masih memberikan kontribusi berupa uang "receh" bagi developer kelas dunia. Tapi itu masih lebih baik daripada tidak berkontribusi sama sekali. Penulis harap para pembaca blog ini dapat "mendakwahkan" pentingnya membeli software game original agar bangsa kita dan negara kita tidak dianggap remeh oleh industri game dunia. Apalagi bangsa ini adalah bangsa yang besar, bayangkan "uang receh" ini apabila di jumlahnya banyak, masif, sistematis, dan tersruktur wkwkwkwk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar