Minggu, 26 Oktober 2014

Replay Steam GRID 2 Online Multiplayer


Kemaren pas event FREE WEEKEND WEEKEND, game racing yg sempat ditunggu2 kehadirannya, GRID 2 ditawarkan dengan harga sangat terjangkau, cuma Rp 49.999 oleh steam.

Setelah beberapa hari & melewatkan FREE WEEKEND WEEKEND yg cukup singkat, ane jadi kangen untuk memainkan kembali game GRID 2 yg ane beli kurang lebih satu tahun yg lalu ini.



GRID 2 PC BAJAKAN MULTIPLAYER ONLINE
Ketika pertamakali game ini dirilis, ane baca di web & blog & forum-forum ternyata ada patch untuk memungkinkan memainkan multiplayer pada GRID 2 versi paktani alias bajakan. lalu ane coba download dan its works. Ane sampe memainkannya selama 1-2 minggu bareng sama adik ane sesama pecinta game racing. Waktu itu emang harga GRID 2 masih mahal dan gak terjangkau oleh kami para kaum dhuafa, wkwkwkwk.

Asyiknya main GRID 2 Multiplayer Online

Kesan pertama main GRID 2 Multiplayer Online adalah, chaos, kekacauan balapan yg luarrr binasa. Balapan penuh tabrakan, senggol sana senggol, jebret sana jebret sini. Untungnya host dapat men-setting balapan dengan menonaktifkan collision, sehingga dengan setting ini. Mobil kita tidak akan menabrak mobil player lain malah akan menembusnya (seperti ghost). Mode multiplayer seperti ini sangat berguna apabila di lobby banyak pemain yg masih newbie (pemula).

Kepuasan tersendiri bermain GRID 2 Multiplayer Online adalah bagaimana kita harus survive sampai garis finish, mempertahankan posisi, berusaha mengemudi kan mobil secara konsisten meminimalisir kesalahan, mengindari lawan-lawan yg jahil yg menambraki mobil kita. Pas Finish ada rasa kepuasan apalagi kalo kita bisa finish sebagai juara pertama, target penulis sih bisa kompetitif aja & berada di papan tengah klasmen pembalap aja udah senengnya bukan main, bahkan asal jangan urutan paling buncit aja udah seneng. Ketika awal2 bermain online malah bisa finnis aja, dengan menghindari DNF (tidak finish/kecelakaan/mogok/dsb) udah senang, yg penting catatan waktu kita tidak terlalu jauh dari lawan-lawan didepan kita & gak ke-overlap tentunya hahaha.

kepuasan ketika bisa survive dan melewati garis finish

KEKURANGAN GRID 2 PC BAJAKAN MULTIPLAYER ONLINE
Ketika game ini dirilis kami mencoba memainkan mode singleplayer sebentar, lalu bermain mode Multiplayer GRID 2 bajakan Online sampe puas. Sayangnya apabila kami bermain di PC berbeda, Level, XP, dan Uang yg terkumpul akan kembali ter-reset. Hal ini disebabkan game ini menyimpan data save game di hardisk PC kita masing-masing bukan di hardisk server game tersebut. Sehingga apabila kita ingin bermain di PC lain kita harus memindahkan save-game progress GRID 2 kita ke PC tersebut. Selain itu kita malah bisa mencopy paste save game teman kita yg levelnya lebih besar agar level kita juga besar (XP dan uang kita jadi banyak) dan bisa membuka (unlock) & mencoba semua mobil yg tersedia. Malah denger2 dari player lain kita bisa edit save game nya pake software yg dibikin sepertihalnya program cheat, wkwkwk entah penulis harus menyebutnya kekurangan apa kelebihan. Oh ya 1 lg kekurangannya kita tidak bisa JOIN ke PARTY teman kita yg sama memainkan game ini atau sebaliknya kita tidak pula bisa meng-INVITE mereka kedalam PARTY kita secaa instant. Jadi kita harus secara manual masuk ke lobby lalu mecari room/party/race yg kita ingin masuki lewat menu Online Custom Event.



KESAN PERTAMA
Grafis yg Indah tapi Ramah Hardware
Kesan pertama memainkan game ini, adalah grafis nya bagus, cukup indah untuk sebuah game racing yg dirilis di PC pada waktu itu padahal cukup enteng system requirement-nya / PC yg dibutuhkannya, GRID 2 tidak terlalu rakus hardware. Penulis mengira ini munkin jangan-jangan karena intel adalah sponsor game ini, munkin game ini masih bisa dimainin pake VGA onboard intel, hehe.

Multiplayer Splitscreen & Online Multiplayer AI Opponent Driver
Selain itu kami senang karena GRID 2 memiliki fitur multiplayer splitscreen yg tidak ada di GRID 1 ini menjadi nilai tambah selain Mode Multiplayer Online, jaga2 bila internet mati atau mungkin cuma 1 unit PC dirumah tak menghalangi bermain bersama teman, saudara, atau keluarga. Dan senangnya sekarang kita bisa bermain multiplayer dengan teman dan dengan BOT/AI Opponent Driver yg gak ada di GRID 1. Perlu diketahui di GRID 1 kita tidak bisa balapan dengan BOT ketika bermain di Multiplayer baik LAN maupun Online. Permasalahannya kurang seru kalu cuma bermain berdua atau cuma bertiga, lebih seru dibarengi dengan BOT/AI juga, ya minimal 6 sapai 10 orang lah idealnya.

No LAN, No Cockpit Camera, Arcade Semi Simulation Gameplay, DRIFT Racing
Sayangnya tidak ada fitur LAN Multiplayer seperti predecessor-nya GRID 1 & gameplaynya yg lebih mirip game rally DIRT yg terlalu fokus ke gaya balap DRIFT dan agak mengarah ke Arcade membuat kami agak kagok karena kami sebenarnya lebih suka gaya gameplay ala Gran Turismo atau rFactor. lalu Cockpit mode yang hilang membuat kami agak kecewa, karena fitur inilah salahsatunya yg membuat kami jatuh cinta pada GRID 1.

BERALIH DAN MEMBELI GRID 2 ORIGINAL
Setaun yg lalu penulis ditawari seorang seller yg menjual KEY/Serial GRID 2 dengan harga yg cukup murah (murah untuk sebuah game baru rilis) seharga kurang dari Rp 100rb. Siapa yg tidak tertarik ditawari game baru rilis dengan harga segitu, walau tidak punya duit dengan modal ngutang sana ngutang sini akhirnya penulis berhasil membeli game GRID 2 Original.



Penulis tidak mendownload ulang file game GRID 2 dari steam tapi cukup copy dan paste file-file dari folder GRID 2 Bajakan ke folder Steam. Lalu steam akan melakukan patch beberapa MB. Motivasi penulis membeli game GRID 2 Original ini adalah:
1. Ingin bermain Multiplayer Online secara legal lewat Steam
2. Ingin Support developer & publisher agar kelak bisa bikin seri GRID yg lebih bagus
3. Harga cukup murah, sangat menggiurkan

KESAN MEMBELI GRID 2 ORIGINAL
Seperti biasa setelah membeli game ini penulis memaikan mode Single-Player Offline nya terlebih dahulu. Niatnya sih pengen namatin hehehe padahal sampai detik ini penulis belum pernah namatin game ini, LOL.

Kelebihan GRID 2 Original (steam) adalah save game tidak perlu dipindah secara manual. Apabila kita bermain di PC berbeda, client steam secara otomatis meng-upload&download savegame GRID 2 ini ke/dari steam cloud.

GRID 2 STEAM MULTIPLAYER ONLINE (ORIGINAL)
nah pas main single player ini penulis teringat motivasi awal penulis ketika memutuskan membeli game ini. Ya tentu saja bermain multiplayer online dan membalap & berkompetisi bersama pemain dari seluruh dunia.

NO SESSION FOUND
There are no sessions available for you to join. Do you want to create a new session now?

Kecewa, Lobby/Party Multiplayer Online Kosong alias Sepi
Online Multiplayer Sepi woy kayak kuburan
Penulis mengira game baru pasti banyak orang yg membeli dan memainkan mode Multiplayer Online nya. Maka penulis tidak ragu2 ketika ada seller menawarkan dengan harga yg cukup terjangkau. Ekspektasi penulis sih MP Online game baru ini pasti rame kayak pasar malam, keyataannya adalah 180 derajat sepi. Mungkin hal inilah yg membuat Game ini jarang penulis mainkan sejak penulis membeli copy legal/original-nya.

Rasa kecewa inilah yg mungkin sampai saat ini masih penulis rasakan, dan banyak pertanyaan di benak penulis kok bisa game bagus & baru rilis tp MP nya sepi.

AKHIRNYA BISA BERMAIN GRID 2 STEAM MULTIPLAYER ONLINE (ORIGINAL)
Rahasia Cara Bermain GRID 2 Steam Multiplayer Online (Original)
akan penulis ungkap di postingan selanjutnya, sampai jumpa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar