Rabu, 01 Oktober 2014

R.I.P MotoGP 13 (Online Multiplayer)




Sudah satu tahun lebih sejak dirilisnya game racing sepeda motor yang menjadi fenomena di tahun 2013 lalu, ya game apalagi kalo bukan game MotoGP 13. yang menggebrak itu. sudah sekilan lama gamer khususnya gamer PC haus akan game bertema MotoGP tidak hadir di platform PC sejak MotoGP 08 dirilis 5 tahun sebelumnya. Memang di platform PS3 sempat dirilis MotoGP  09/10 dan MotoGP 10/11 namun sayangnya kedua game tersebut hanya dirilis untuk kedua console PS3 dan XBOX 360 saja. Akhirnya pada tahun 2013 MotoGP 13 dirilis juga, ini yang membuat gamer terutama gamer PC pecinta game bergenre racing bahagia.

Sejak MotoGP 08 dirilis memang ada game motorsport racing sepeda motor lain yang menjadi alternatif yang dirilis untuk PC. Diantaranya SBK 08, SBK 09, SBK X, SBK 11, semuanya adalah game racing bertema kejuaraan World Superbike dunia. Memang sih dari sisi gameplay ya masih-masih mirip karena game-game SBK diatas dibuat oleh developer yang sama dengan MotoGP 08., yaitu Milestone S.r.l.

Hal yang menarik di game MotoGP 08 adalah hadirnya pembalap asal Indonesia, yaitu Doni Tata Pradita. Memang pada tahun 2008 kebetulan Doni Tata Pradita berlaga di ajang MotoGP kelas GP250 satu tingkat diatas kelas utama MotoGP dan satu tingkat diatas kelas GP125. Rider ini menunggangi motor Yamaha berkapasitas mesin 250cc. Sayang nya prestasi Doni Tata Pradita tidak terlalu cemerlang di GP250, namun kita dapat bermimpi dia menjadi Juara Dunia dengan memainkan game ini (MotoGP 08), ini adalah salah satu nilai jual game ini. Selain di MotoGP 08 itu Doni Tata pun kembali masuk grid di dalam game balap, yaitu pada game SBK X dimana ketika ia berlaga di ajang World Supersport pada tahun 2009 ketika ia bergabung di tim YZF Yamaha dan menunggangi motor Yamaha YZF R6 supersport 600cc.

Dibanding game MotoGP sebelumnya, MotoGP 08 ini termasuk wow, bagus karena adanya peningkatan grafis yang signifikan. Wajar saja karena MotoGP 08 ini adalah game MotoGP pertama yang dirilis untuk platform Next Gen saat itu yaitu Playstation 3 & XBOX 360, dimana sebelumnya MotoGP 07 hanya dirilis di platform Playstation 2. Dari kualitas grafis, sepertinya versi PC dari MotoGP 08 adalah portingan dari console Next Gen, yang grafiknya memang luar biasa keren (pada saat itu). Selain itu Gameplay-nya pun bagus, karena mengakomodasi antara gamer casual yang taunya cuma gas, rem, dan belok doank dengan gamer hardcore yang suka dengan simulasi. Gameplay yang adaptif ini memungkinan gamer casual untuk belajar secara bertahap sehingga dapat memahami dan menikmati asyiknya bermain di mode simulasi.


Mencari Game Untuk Laptop dengan spek pas-pasan yang Menggunakan Setik / Gamepad (Tanpa Keyboard)
Beberapa hari yang lalu penulis diminta untuk memasang game untuk sebuah laptop. Sayangnya laptop/notebook tersebut speknya kurang ...

Ternyata Tidak Perlu Pergi Ke Bulan atau Luar Angkasa untuk Merasakan Mengambang Tanpa Gravitasi
Gravitasi atau gaya tarik bumi menyebabkan manusia dan semua benda di permukaan bumi cenderung menempel atau menginjak ke permukaan ...


Pada MotoGP 13, Doni Tata Pradita are back, kali ini ia membalap di kelas GP Moto2, kelas pengganti kelas GP 250. Ia bergabung di Tim Federal Oil Gresini Moto2. Maklum, sponsor Tim Gresini adalah produsen pelumas dari Indonesia, yaitu Federal Oil. Ternyata dia tidak sendiri dan bukan satu-satunya pembalap asal Indonesia yang membalap di ajang MotoGP. Ada pembalap asal Indonesia lain yang lebih muda yang membalap di Tim QMMF Racing Team, yaitu Rafid Topan Sucipto yang menemani Anthoni West pembalap utama di tim tersebut.


Sebelum game MotoGP 13 dirilis, pihak developer merilis demo MotoGP 13 yang langsung di-download oleh penulis. Dan benar saja penulis langsung terkesima dengan gameplay dan physics, walaupun grafik tidak se wow ketika MotoGP 08 dirilis namun semua itu tertutupi oleh gameplay dan physics yang keren, setidaknya game ini merupakan game motogp paling realistik yang pernah dibuat.

Setelah MotoGP dirilis, penulis merasa bahagia, serasa mendapat durian jatuh. Karena MotoGP 13 selain dirilis dalam bentuk DVD/Blu-ray fisik juga didistribusikan secara digital download melalui layanan steam.

Ketika MotoGP 13 dirilis ada rasa ingin men-support developer yang telah melahirkan game MotoGP 13 ini dengan cara membeli copy originalnya melalui steam tapi apa daya kantong tak sampai. Ketika game ini dirilis, steam store menjual MotoGP dengan harga $ 39,99 USD atau setara dengan Rp 485.000 lebih.

Karena penasaran dan ingin memainkan versi Full Version nya, akhirnya penulis mencoba mendownload versi copy bajakannya dulu yang beredar di internet. Penulis ingin tahu konten apa saja yang ditawarkan di dalam MotoGP 13 versi Full release. Dan memang menakjubkan, MotoGP 13 menggoda penulis dengan fitur-fitur dan konten menarik sehingga penulis tertarik untuk membeli versi originalnya.

Selain gameplay dan phisics yang pernah penulis rasakan di MotoGP 13 versi demo, penulis terkesan dengan dihadirkanya kelas playable lain yaitu kelas GP Moto 2 dan GP Moto 3. Dan nilai jual lain adalah tentunya adalah adanya kehadiran dua pembalap Indonesia, Doni Tata Pradita dan Rafid Topan Sucipto, ini adalah nilai jual yang tidak bisa penulis tolak. Selain itu mode Multiplayer - Split Screen yang sempat hilang di MotoGP 08 versi PC kembali dihadirkan oleh developer di MotoGP 13 ini. tentu saja ini menjadi kabar yang sangat-sangat menggembirakan.


Perlu diketahui pada MotoGP 08 versi PC walaupun kualitas grafis dan gameplay bagus tapi terasa kurang karena tidak ada mode Multiplayer - Split Screen dimana kita bisa mengajak teman atau saudara kita membalap bersama padahal MotoGP 08 versi Playstation 2 justru menghadirkan mode Multiplayer - Split Screen ini, sungguh ironis.

Selain Mode Multiplayer - Split Screen, mode Multiplayer Online adalah salah satu fitur yang menarik yang membuat penulis ingin membeli game original-nya. Harapan penulis, penulis dapat bermain dan membalap dengan gamers dari seluruh dunia dan mengadu skill kemampuan membalap.



Karena merasa cukup puas dengan fitur-fitur yang ditawarkan MotoGP 13 penulis putuskan untuk menabung, agar dapat men-support developer dan membeli game MotoGP 13 original. Hari demi hari, minggu demi minggu uang yang terkumpul masih sedikit, baru puluhan ribu rupiah. Penulis berfikir bagaimana caranya bisa cepat membeli MotoGP 13 original, ternyata penulis tidak sendiri, adik penulis adalah pengemar berat MotoGP dan ia juga terkesan dengan game MotoGP 13 karya Milestone, akhirnya kami sepakat untuk patungan. waktu itu penulis pikir game original harganya paling 300rb an makanya penulis bilang ke adik "kita 50-50 aja harga gamenya palingan 300rb jadi kamu 150rb dan saya 150rb" betapa kagetnya ketika penulis membuka steam store ternyata MotoGP 13 dijual seharga $ 39,99 USD atau kalau dirupiahkan sekitar Rp 485 ribu, "waduh nombok" nih pikir penulis. Akhirnya penulis menghubungi salah satu seller online sesama user steam yang memang kebetulan ia menyediakan jasa menjual game original, dan justru kabar gembira ternyata ia menjual sekitar 250 ribu an tapi berupa CD Key yang bisa diaktifkan di steam, akhirnya deal. Penulis berhasil membeli game MotoGP 13 original, betapa bahagianya hari itu.


Kebagahagiaan bertambah ketika developer merilis DLC gratis, diantaranya DLC rider tambahan Moto 3, DLC rider Moto 2, dan yang paling menyenangkan adalah DLC Top Rider tahun sebelumnya yaitu Top Rider 2012, dimana banyak rider yang tahun sebelumnya yang belum berpindah tim. Seperti Valentino Rossi (Ducati), Ben Spies (Yamaha), Dovizioso (Tech 3), dan tentu saja pembalap legendaris Casey Stoner (Honda)


Bermain bersama teman secara online lebih menyenangkan, penulis aktif mengikuti Thread MotoGP 13 di KASKUS dan membentuk sebuah grup di steam agar bisa bermain bersama, bersenang-senang bersama, sungguh menyenangkan. Hebatnya lagi pengguna copy bajakan pun sama-sama bisa bermain Multiplayer Online bersama dengan pengguna original, sehingga lobby di Multiplayer Online setidaknya lobby gamers Indonesia cukup ramai. Akhirnya para anggota grup dan forum KASKUS yang menggunakan copy bajakan pun beberapa banyak yang akhirnya memutuskan untuk membeli game MotoGP 13 original melalui steam, apalagi beberapa bulan kemudian steam menawarkan diskon, sehingga pengguna MotoGP 13 original semakin banyak,



Karena asyiknya fitur Multi - Player Online ini lah yang membuat penulis melupakan sejenak dan jarang bermain Mode Multiplayer Split-Screen. Karena memang menggunakan satu monitor per player lebih enak & nyaman daripada membagi satu layar monitor oleh dua orang player. Sayangnya tidak adanya Mode LAN Multiplayer seperti game di era awal tahun 2000an / akhir 90an membuat penulis risau apalagi untuk bermain dalam satu jaringan LAN pun harus wajib Online terlebih dahulu dan konek ke server motogp di eropa sono untuk membuat Lobby. Banyak pertanyaan di benak penulis, ini bagaimana kalo internet lagi mati, kita gak bisa nge-LAN donk atau server MotoGP nya bermasalah? apalagi pihak developer tidak menyediakan opsi Dedicated Server untuk game ini. inilah kekurangan MotoGP 13 dibanding game-game yang dirilis satu dekade yang lalu. Dengan dalih memberantas pembajakan malah merugikan pengguna original yang menjadi pelanggan-nya sendiri.


Beberapa minggu yang lalu hal yang dikhawatirkan pun muncul, bagai tersambar petir di siang bolong. Penulis tidak bisa masuk ke mode multiplayer seperti hari-hari biasanya. besoknya penulis coba lagi tetap tidak bisa, penulis coba bikin akun ID multiplayer onlie baru pun tetap tidak bisa. Penulis tunggu 1 minggu tetap sama masih belum bisa, sekarang sudah 2 minggu, masih belum bisa juga, penulis cemas jangan-jangan ini memang sudah akhir hayat dari MotoGP 13 Online. Oh No!




Akhir kata penulis berharap developer segera menghidupkan kembali server MotoGP13 Online, apabila keberatan mohon buatkan kami ini server virtual atau dedicated server atau LAN server, sehingga kami masih bisa bermain bersama-sama player lain. Jangan memaksa kami membeli game baru anda yaitu MotoGP 14 yang kebanyakan teman-teman kami tidak kuat spek PC-nya untuk menjalankan game tersebut. MotoGP 13 ringan dan cocok buat kami dan teman-teman kami yg punya dana terbatas untuk sekedar membeli software Game MotoGP 13 original pun kami harus patungan, apalagi harus beli Spek komputer baru yang speknya setara dengan hardware Playstation 4, untuk sekedar bermain online di MotoGP 14. Please!

BACA JUGA :

4 komentar:

  1. Memang sekarang Game MotoGP kurang begitu memuaskan, padahal usernya banyak, belum lagi ane dulu beli Game MotoGP13 sampe habis skitar 500rb, udah tau ga bs multiplayer, mending make bajakan aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aadallah Original Blog: R.I.P Motogp 13 (Online Multiplayer) >>>>> Download Now

      >>>>> Download Full

      Aadallah Original Blog: R.I.P Motogp 13 (Online Multiplayer) >>>>> Download LINK

      >>>>> Download Now

      Aadallah Original Blog: R.I.P Motogp 13 (Online Multiplayer) >>>>> Download Full

      >>>>> Download LINK qc

      Hapus
  2. @P'Guyu Udi
    sebetulnya memutuskan pake bajakan kurang bijak juga gan
    karena keinginan kita kan dapet game yang bagus menurut idelisme kita
    untuk itu kita harus mensupport developer gamenya sendiri baik dari segi materil maupun imateril. Support materil kalo sebagai gamers itu kan membeli copy legal atau game original nya, sedangkan support secara imateril kita harus memberikan feedback, masukan, saran, kritikan dan sebagainya. Nah sekarang kalo kita pake bajakan terus kita komplain kan gak etis juga, maksudnya yg beli bajakan itu gak berhak buat komplain & berharap untuk kemajuan game itu sendiri.

    Game yang bagus itu kan hasil dari kerjasama yang baik, sehingga menghasilkan produk yg baik. Nah saran saya sih ayo kita beli game MotoGP semampu kita, apa lewat menabung, lewat patungan, lewat arisan komunitas, lewat perlombaan, lewat ngutang, lewat hadiah dsb. Setelah itu kita berhak untuk komplain, membuat surat ke developernya, bikin blog, posting di forum-forum game, buat petisi, bila perlu ancaman wkwkwk, kita sebagai gamers pun sebetulnya perlu berpolitik untuk mendapatkan hak kita.

    BalasHapus
  3. Aadallah Original Blog: R.I.P Motogp 13 (Online Multiplayer) >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Aadallah Original Blog: R.I.P Motogp 13 (Online Multiplayer) >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Aadallah Original Blog: R.I.P Motogp 13 (Online Multiplayer) >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus