Selasa, 28 Oktober 2014

Rahasia Cara Bermain GRID 2 Steam Multiplayer Online (Original PC)



Dipostingan saya sebelumnya, Replay Steam GRID 2 Online Multiplayer, penulis sempat kecewa ketika membeli game GRID 2 Original karena lobby multiplayernya sepi, nah di posting kali ini penulis mengajak kita bagaimana cara mengatasi lobby multiplayer yang sepi atau dalam bahasa keren nya: NO SESSION FOUND - There are no sessions available for you to join. Do you want to create a new session now?

kata-kata ini menjadi momok yang menakutkan bagi pengemar GRID 2 multiplayer online




melalui posting ini diharapakan kita mendapatkan pencerahan dari pertanyaan dan pernyataan berikut ini:

  • Online Multiplayer GRID 2 Sepi
  • Akhirnya Bisa Bermain GRID 2 Multiplayer Online Steam (Original)
  • NO SESSION FOUND - There are no sessions available for you to join. Do you want to create a new session now?
  • Cara Join Race GRID 2 Multiplayer
OK, lets go to the point

LOBBY GRID ONLINE sebenarnya tidak benar-benar SEPI, loh kok
Hipotesis penulis sih sepertinya, developer GRID 2 dan game-game keluaran codemaster lain seperti F1 Series, DIRT Series & GRID Series sudah memprogram pencarian host/session/lobby/room agar mencari host dengan ping yang sangat kecil. mungkin tujuannya agar mengurangi lag, sayangnya developer tidak menyediakan opsi bagi kita untuk mengatur berapa minimal ping ke host yang akan ditampilkan dalam daftar pencarian host ini. Bagi negara maju dengan jumlah pemain GRID 2 yang cukup banyak, mungkin sistem seperti ini akan menguntungkan karena kemungkinan terjadinya lag dan disconnect saat balapan dapat diminimalisir, tetapi bagi region atau negara-negara yang player GRID Online nya masih sedikit, seperti halnya region kita INDONESIA / SEA (South East Asia aka Asia Tenggara) pencarian host akan menjadi sedikit bahkan kosong karena sedikitnya jumlah pemain di region ini apalagi yang bermain GRID Online.

Jadi kesimpulannya jangan berkecil hati dulu apabila mendapat pesan NO SESSION FOUND - There are no sessions available for you to join. Do you want to create a new session now? nah kita bisa mencari jalan lain untuk mengikuti balapan GRID Online dari region lain terutama apabila kita mempunyai teman yg bermain GRID online dari region lain.

Cara Join Race melalui Friends List
Join Race dengan mencari Teman yang bermain GRID 2 Multiplayer di Friends List
Petama-tama silakan agan-agan masuk login dulu kedalam client steam lalu jalankan game GRID 2. Setelah masuk menu GRID ONLINE, tekan SHIFT+TAB untuk menampilkan tampilan overlay steam lalu klik FRIENDS LIST yang berada di pojok kanan bawah. Nah nanti akan muncul daftar teman (Friends List) seperti gambar di bawah ini:

Friends List
Nama teman yg ada di friend list memiliki idikator warna yang berbeda-beda:
  • yang berwarna abu-abu = teman kita yg sedang offline
  • biru adalah teman kita yang sedang online tapi tidak sedang bermain game
  • hijau = teman kita yang sedang bermain game
Nah kita akan mencari teman kita yang sedang bermain GRID ONLINE (GRID 2 Multiplayer Online), caranya : ketik "GRID" pada form isian SEARCH, contohnya seperti gambar dibawah:

mencari teman dengan kata kunci "GRID"
nah nanti bakalan muncul deh teman-teman kamu yang berhubungan dengan kata-kunci GRID, termasuk:
  • Teman yang bermain GRID 2
  • Maupun teman yang bermain seri GRID yg lain seperti GRID Autosport atau GRID 1
  • Teman yang kamu kasih NickName yg ada kata "GRID" - nya
  • Teman kamu yang nama-nya ada kata "GRID" - nya
  • Teman kamu yang dimasukkan ke grup TAG yg nama TAG nya ada kata "GRID" -nya
nah diantara teman kamu yang bermain game (yg namanya berwarna hijau), carilah yg sedang bermain GRID 2, yg dibawah namanya bertuliskan In-Game GRID 2. apabila sudah menemukan teman yg bermain GRID 2 lalu klik tanda panah kecil disebelahnya: nanti akan muncul daftar menu, lalu pilih dan klik menu Join Game untuk masuk kedalam host/session/room yang sama dengan teman kamu itu, lalu tekan SHIFT+TAB lagi untuk menghilangkan layar steam overlay.


Apabila berhasil kamu akan masuk ke room yg sama dengan teman kamu yang bermain GRID Online.

setelah meng-klik menu Join Game
CONNECTING - Entering party...

kemudian MATCHMAKING - Joining a game...

Berhasil ... ! akhirnya bisa masuk ke session/room teman
tanda ban berwarna merah mengindikasikan mereka saat ini sedang balapan
tinggal menunggu mereka finish dulu

Selamat mencoba.

POSTING LANJUTAN:
Solusi NO SESSION FOUND - There are no sessions available for you to join. Do you want to create a new session now?

4 komentar:

  1. Mantap gan, awal sih ane ngalamin " session not found", sama seperti admin tuliskan ane coba berteman dengan pengguna game grid, dari sana ane diberi tahu, setelah ane coba ubah download region ke UK-London" ternyata banyak sekali yg buka lobby.

    BalasHapus
  2. wah masukan yg sangat berharga pak guru, terimakasih banyak. Semoga pencinta game racing tetap bersemangat memainkan game ini.

    BalasHapus
  3. Siapp kumendan, tapi kalo versi pa tani bisa ga ni gan abdi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Dudy satuone
      untuk GRID 2 multiplayer versi pak tani, dulu ane pernah main ada CRACK MULTIPLAYER-nya. Trus denger-denger juga ada CRACK LAN-FIX nya mungkin buat yg mau main OFFLINE, trus denger-denger juga bisa dimainin pake virtual LAN semacam TUNNGLE atau HAMACHI
      Tp perasaan ada kekurangannya kalo yg versi paktani
      1. Mainnya sama sesama paktani juga, kalo gak salah yg pake bajakan gak bisa main bareng sama yg punya original, tp gak tau juga sih soalnya belum ane selidikin
      2. Trus file save gamenya harus di backup & copy paste sendiri secara manual, kalo PC kita error & install ulang atau format total windows kita ngulang dari LEVEL 1 lagi. Kalo versi steam walau udah format total install ulang atau main di komputer lain (misalnya PC teman/sodara) save game udah otomatis di backup ke server steam (steam cloud). Jadi gak balikan lg ke LEVEL 1

      entar ane bahas deh kalo ane ada waktu & kalo banyak yg request. Soalnya game racing balapan masih sedikit penggemarnya. Trus di forum kaskus juga trit nya malah lagi sepi nih sekarang.

      Thanks udah komeng di BLOG ane.

      Hapus