Minggu, 11 Januari 2015

Andai Windows bisa diinstall di Playstation 4 (PS4)

Beberapa waktu lalu penulis memimpikan seandainya windows bisa di install di PS4. Penulis memimpikan PS4 bisa menjalankan OS semacam Windows, Linux, bahkan Android, widih pasti keren tuh.


Kira-kira apa yang akan terjadi bila Windows bisa dipasang di PS4? :

  • Penulis tidak akan membeli PC Rakitan
Jika Windows 7 bisa di install di PS4, penulis akan menjual PC penulis. Karena fungsi PC untuk pekerjaan & hiburan bisa digantikan oleh PS4

  • Banyak gamer yang tidak akan membeli PC
Sama seperti point pertama, karena kemampuan & fungsi PS4 sudah bisa menggantikan PC Gaming, maka membeli PC untuk gaming sudah tidak diperlukan lagi. Kecuali gamer tersebut adalah gamer hardcore pecinta kualitas grafis super-eyecandy yang selalu pasang seting grafis mentok kanan semua, setting highest bahkan ultra high. Atau gamers yang gak cukup bermain dengan satu buah layar monitor.

  • Penjualan Console PS4 akan meroket
Karena dapat berfungsi sebagai PC, PS4 baik gamer maupun non gamer akan banyak yang membeli PS4 sebagai pengganti PC mereka plus sebagai Console Game.

  • Penjualan Peripheral PC akan menurun
Bagi pengusaha & toko-toko komputer (PC) ini adalah kabar buruk. Akan jarang yang membeli PC rakitan, apalagi yang build-up. Karena PC buildup dari Sony (PS4) akan menjadi primadona. Tapi sebaliknya penjualan aksesoris & sparepart PS4 akan meningkat.
Akan jarang ada orang yang sekedar meng-upgrade PC mereka. Penjualan VGA Card, CPU, RAM, Mainboard akan merosot. Paling yang masih bakalan laku cuma Hardisk doank.

  • Sony akan cepat kaya, tapi harga PS4 akan melambung
Jelas, produk nya laku. Efek buruk dari banyaknya permintaan pasar harganya bakal naik terus, sedangkan PS4 cuma di produksi oleh Sony. Jadi semacam ada monopoli entar. Kecuali ada pesaing consol lain bisa dipasang OS, macam XBOX One juga bisa di pasang windows atau android misalnya. Jadi gak dimonopoli sama Sony, jadi harga bisa bersaing.

  • Perkembangan teknologi CPU dan GPU akan melambat
Semenjak era PS3 & XBOX 360 dirilis, perkembangan teknologi PC semakin pesat sehingga dalam beberapa tahun PC Mainstream pun sudah memiliki kemampuan setara PS3 & XBOX. Ini karena banyaknya permintaan CPU & VGA Card untuk PC, sehingga investasi inovasi teknologi CPU & VGA Card ini cepat balik modal, sehingga mempercepat inovasi teknologi ini ke tingkat yang lebih canggih.
Sebaliknya apabila penjualan CPU & VGA Card menurun, produsen CPU & VGA akan lebih lambat mengembangkan teknologi mereka.

  • Developer Game akan lebih mudah mengembangkan game mereka 
Banyak game keren yang berakhir kekecewaan pada hari perilisannya terutama pada versi PC. Ini dikarenakan terlalu banyaknya variasi hardware yang harus disesuaikan dengan software game-nya, karena setiap hardware itu unik & berbeda satu sama lain. Apabila sebagian besar gamer telah memilih PS4 sebagai platform gaming utama mereka, hal ini sudah mempermudah para developer mengatasi bug, error, glitch dan sebagainya.

  • Banyak Game Center/Warnet yang menggunakan PS4 sebagai Client PC mereka
Warnet dan Rental Playstation akan lebih produktif kalo disatukan karena akan memperluas target pasar/pelanggan meraka.

Barang kali kawan-kawan ada yang mau menambahkan?
Hal ini mungkin mustahil tapi apa salahnya kalo kita bermimpi, kali aja mimpi kita jadi kenyataan, LOL wakakakakwkwkwkwk.

1 komentar: