Senin, 19 Januari 2015

Jangan Sembarangan Memberikan atau Trade Game Steam (Gift)

Kini Membelikan Game Steam (Gift) hanya bisa diberikan kepada region SEA saja

Beberapa hari kemarin penulis melihat ada game-game Sonic yang lagi didiskon di store steam. Pas liat harga salahsatu game racing sonic, Sonic & All-Stars Racing Transformed, cuma Rp 33.999 (harga aslinya Rp 135.999 diskon 75%) ternyata cukup murah juga. Tapi penulis ragu, walaupun penulis suka dengan game bergenre Fun-Racing mirip CTR (Crash Team Racing) takutnya penulis kurang suka sama game ini. Akhirnya penulis masukin dulu game tersebut ke dalam whistlist.

harga yang cukup murah bikin penasaran

Fun-Racing Game
Setelah beberapa hari penulis penasaran dan memutuskan untuk mencoba mendownload versi paktani nya dulu alias bajakan. Sudah lama penulis tidak memainkan game bergenre Fun-Racing seperti ini di PC sejak game Split-Second dan BLUR, sayangnya game BLUR sekarang sudah menghilang dari steam store (udah gak dijual lagi), padahal itu game keren banget apalagi kalo main multiplayer. Kalo dulu waktu era nya Playstation pertama penulis sering mainin game CTR bersama temen & saudara. Lalu di PS2 ada sekuelnya CTTR (Crash Tag Team Racing) sama Crash Nitro Kart.

jadi inget BLUR & CTR

No Graphic Option
Setelah mencoba beberapa hari penulis kagum dengan game ini. Kualitas grafiknya oke, tp masih bisa dijalankan di VGA IGP, APU Richland & Llano milik penulis, tadinya penulis ingin mencoba game tersebut di IGP APU Trinity & APU intel Haswel, tp penulis belum punya waktu. Mungkin lain kali penulis akan menjajalnya di kedua IGP tersebut. Sayangnya game ini ternyata tidak ada opsi pengaturan grafisnya & resolusinya sepertinya dikunci di resolusi HD 720p. Sia-sia deh penulis punya satu buah monitor LCD yang support resolusi FULL HD 1080p tapi hanya menampilkan gambar 1280x720 pixel saja.

Gameplay: Easy Gampang Hard Sulit
Pertamakali mencoba penulis mencoba tingkat kesulitan Easy, ternyata sangat mudah. Lalu penulis dengan percaya diri mencoba tingkat kesulitan Hard, dan WOW ternyata game ini emang jujur. Easy = emang Gampang dan Hard = emang Susah, hehehehe. Selain itu, penulis terkejut karena ada karakter-karakter game lain di dalam game ini, contohnya ada mobilnya Team Fortress dan ada mobil game dingdong jadul, Out Run. Selain itu ada stage yang di desain mirip game pesawat tempur era konsol Sega Mega Drive, yaitu Afterburner.

Team Fortress pun ikut balapan

Adik & Anak pun Suka
Setelah beberapa hari, ane install game ini, ternyata anak perempuan penulis yang masih TK pun suka bermain game ini, sayang tidak ada tingkat kesulitan very easy soalnya bagi anak TK game ini masih cukup sulit, anak penulis paling bagus cuma bisa finish posisi 2, kadang 3-4 bahkan kadang posisi terakhir . Yang mengejutkan Adik ane pun ketagihan main game ini, bahkan dalam waktu 2 hari game ini sudah dia tamatkan, dan semua character/mobil rahasia (unlockable) sudah ter-unlock dan bisa dimainkan.

Memutuskan Membeli Game Original
Cukup puas dengan fitur dan gameplay game Sonic & All-Stars Racing Transformed ini. Apalagi saat ini game tersebut dijual dengan harga diskon yang cukup terjangkau (Rp 33.999). Walaupun penulis agak kecewa karena tidak ada fitur LAN Multiplayer walaupun ini dapat tergantikan dengan fitur Online Multiplayer, tapi ini sangat disayangkan karena dengan fitur Online Multiplayer ini mau tidak mau kita harus membeli 2 copy game tersebut, tentusaja dengan harga double alias 2x lipat. Cape deh. Tapi oke lah masih ada Split-Screen Multiplayer yang bisa support sampe 4 orang pemain. Hebat, sangat-sangat menyenangkan, jadi bisa bermain dengan banyak teman secara offline berempat. Ini mengingatkan lagi ane sama game BLUR, dimana kita bisa bermain splitscreen sampai 4 orang, kelebihan BLUR adalah bisa bermain secara LAN Offline maupun secara Online. Tapi mendengar review yang bagus, terlebih katanya developer game ini sangat serius menanggapi keluhan gamers, membuat penulis yakin untuk membeli game ini tentunya yang versi original. Penulis berharas suatu saat developer game ini menambahkan fitur LAN Multiplayer.

beli 3 dapat 1


kaget, ada pesan baru
Notice: Purchases made in Indonesia can only be added to your library if you are in Indonesia, Malaysia, Philippines, Singapore and Thailand. Artinya kini kita sudah tidak bisa memberikan game (gift) ke teman kita yang berada di luar region SEA/Asia Tenggara


Informasi Setelah Game (Gift) tersebut masuk Inventory Kita :



Kesimpulan: kini kita sudah tidak bisa memberikan game (gift) ke teman kita yang berada di luar region SEA/Asia Tenggara. Sayangnya kadang penulis suka barter-barter game di situs trading sama orang luar negeri bahkan kebanyakan orang-orang bule di luar region SEA, mungkin kedepannya sudah tidak bisa lagi, karena setau penulis dari region SEA ini masih jarang orang-orang yang membeli game original jadi agak susah untuk mencari orang untuk diajak barter nantinya. Tp ini mungkin tantangan kita untuk mengajak orang lain, temen-temen kita untuk mulai mengunakan software original.

2 komentar:

  1. Tapi de SEA katanya termurah nomor 2 di dunia, kalo gak ada batasan itu, pasti orang bule pada beli ke asia dan rusia semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, bener banget kak Gimori
      SEA emang udah murah, kebijakan tersebut agar orang bule gak pada beli ke asia, rusia, dan negara/region lain yang harganya lebih murah. Dan ini sudah terjadi beberapa tahun belakangan (tahun 2014 kebelakang)

      Memang beberapa tahun yang lalu gamer Rusia diuntungkan dengan harga game yang lebih murah dan mereka memanfaatkan kesempatan ini untuk menjadi reseller. Gamer dari region Rusia Menjual kembali game-game yang mereka beli ke gamer di luar negeri dengan harga yang sedikit lebih mahal tp masih dibawah harga region lain, dan mereka dapat keuntungan dari selisih harga tersebut.

      Hapus