Senin, 05 Januari 2015

Google Docs: Solusi Alternatif ngetik di PC yang gak ada Microsoft Office-nya (tanpa Microsoft Word)

Kadang kita perlu pergi ke rental komputer atau warnet untuk mengetik karena komputer/PC kita rusak, error, atau bahkan karena tidak memiliki PC sama sekali.


Di beberapa warnet kadang ada PC yang belum ter-install microsoft office sehingga, kadang user harus meminta bantuan operator warnet tersebut untuk menginstall-nya. Tentu saja ini akan memakan waktu beberapa menit, dan waktu kita akan terbuang percuma apalagi kita sedang terburu-buru untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan. Padahal ada solusi paling cepat dan mudah untuk mengatasi masalah ini. Solusinya adalah Google Docs.


Apa itu Google Docs?
Google Docs adalah semacam Microsoft Office yang dapat diakses secara online tanpa harus terlebih dahulu menginstall software nya di komputer kita. Selain itu Google Docs dapat dipakai di berbagai sistem operasi, dari Windows, Mac OS, Linux, bahkan OS Ponsel macam Android, iOS maupun Windows Phone. Penulis curiga jangan-jangan kita bisa mengetik di PS3, PS4 bahkan XBOX karena sepengetahuan penulis konsol-konsol tersebut sudah bisa digunakan untuk surfing internet karena memiliki broswer internet didalamnya.

Berikut ini langkah-langkah membuat file dokumen memakai Google Docs:

1. tulis "docs.google.com" pada address bar browser (firefox/IE/chrome/opera,dll)


2. kemudian apabila sudah memiki akun google tinggal login aja
kalau yang belum punya akun google, ya harus bikin dulu (Buat Akun)


3. apabila pertamakali menggunakan Google Docs,
akan muncul pesan seperti ini "Selamat datang di Google Dokumen"

Nah pada tahap ini pembaca dapat mengikuti tur yang ditawarkan official Google Doc terlebih dahulu. Tapi apabila ingin melanjutkan membaca langkah-langkah tutorial dari blog ini pembaca dapat melewatinya, cukup klik tanda silang di kanan atas pesan tersebut.

4. apabila pertamakali menggunakan Google Docs,
akan ada pesan "Belum ada dokumen teks"
untuk mengetik/membuat dokumen klik tanda +


5. nah ini dia tampilan text editor / word processor ala Google Doc
sepintas mirip Microsoft Office Word
disini kita tinggal mengetik sepertihalnya menulis di Microsoft Word


6. penulis mencoba menulis beberapa kata


7. Klik pada bagian atas sebelah kanan pada tulisan "Dokumen tanpa judul"untuk mengganti nama dokumen (rename)


8. Nama file sudah diubah menjadi "Belajar Mengetik" (lihat pojok kiri-atas)


9. Bagi yg sudah terbiasa bekerja dengan Microsoft Word,
sepertinya toolbar ini sudah familiar & tahu fungsi-fungsinya


Menyimpan file (SAVE) dalam bentuk format microsoft word (*.doc)

Nah sekarang bagaimana cara menyimpan (save) file tersebut di flashdisk atau hardisk PC yg sedang kita gunakan? Sebenarnya file dokumen tersebut tidak perlu disimpan (di-save) secara manual karena file dokumen tersebut tersimpan secara otomatis di dalam could-storage Google Drive kita. Tapi apabila kita ingin menyimpan salinannya kedalam hardisk atau flashdisk kita, berikut ini langkah-langkahnya:

klik menu File > Unduh sebagai > Microsoft Word (docx)


selanjutnya file tersebut akan di-save atau diunduh ke dalam hardisk PC yang sedang kita gunakan


Menutup File Dokumen (Kembali ke Beranda Google Docs)

perhatikan pada pojok kiri-atas
icon ini adalah tombol shortcut beranda
klik tombol/icon ini untuk menutup file dokumen


Di beranda Google Docs, kita dapat melihat preview file-file yang telah kita buat
kita dapat pula mengedit file tersebut, klik di file yang ingin kita edit
kita juga dapat membuat file dokumen baru, caranya klik tanda + pada pojok kanan-bawah


Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar