Kamis, 22 Januari 2015

Hati-Hati Jangan Klik Link Semacam ini di Steam (Waspadalah!)

Beberapa waktu lalu penulis mendapat pesan chat dari teman di steam. Ketika dibaca penulis merasa heran karena biasanya teman penulis tersebut chatting dengan menggunakan bahasa indonesia, nah waktu ia malah mengirim chat dengan bahasa inggris. Yang membuat penulis curiga ia mengirim link internet agar supaya ane meng-klik pesan tersebut. Lalu penulis penasaran sekaligus waspada, akhirnya penulis coba memcopy paste link tersebut ke browser internet (penulis menggunakan browser google chome), untuk jaga-jaga penulis LOG-OUT dulu dari steam. Ternyata link tersebut mengarahkan penulis untuk mendownload file yg berakhiran *.SCR. Tentu saja penulis kaget, karena yang seperti ini biasanya adalah program virus atau malware atau semacamnya.

jangan klik link seperti ini, apalagi dari orang yang tidak dikenal


Penulis pikir ini adalah iseng-isengan dia buat ngerjain penulis. Tetapi setelah penulis tanya secara langsung dengan teman penulis ternyata dia mengklik link internet yang berisi jebakan betmen, yang menyebabkan dia kehilangan item-item game dota 2.

Beberapa hari yang lalu penulis pun dikejutkan dengan adanya pesan di halaman profil steam penulis dari orang yang tidak dikenal, setelah ane marahi, mereka mengaku akun mereka dibajak. Ya mungkin seperti kasus teman ane tadi diatas. Mungkin saja virus/malware tersebut mengirimkan pesan ke orang lain atas nama orang yang sudah mereka susupi.

hati-hati link-link berbahaya bertebaran di steam,
jangan asal klik link-link seperti ini


Jadi waspadalah-waspadalah!
Happy Gaming.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar